oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Sakit Kepala Menyerang Anda?

Kabar6-Meskipun sakit kepala sering terjadi, hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit kepala. Namun, bila sakit kepala yang Anda rasakan hanya berupa nyeri ringan hingga sedang dan mengenai kedua sisi kepala, maka Anda mungkin mengalami nyeri kepala tension.

Lantas, apa yang terjadi pada tubuh sakit kita mengalami sakit kepala? Melansir Womenshealthmag, berikut penjelasannya:

1. Otak
Sebuah area di batang otak yang disebut dengan ‘generator migrain’ akan mengaktivasi saraf yang berfungsi untuk mengatur rasa nyeri. Akibatnya, kepala Anda pun akan terasa seperti ditusuk-tusuk. Hal ini terjadi karena selaput pembungkus otak Anda terstimulasi secara berlebihan.

2. Saluran Cerna
Selain otak, berbagai organ di saluran cerna Anda pun akan terkena dampaknya. Apa pun yang Anda makan, termasuk obat tidak dapat dicerna dengan baik dan tetap tinggal di dalam lambung, yang akan membuat Anda merasa mual atau bahkan muntah.

Sebaliknya, segala sesuatu yang sudah berhasil mencapai usus Anda justru akan dikeluarkan lebih cepat dan membuat Anda mengalami diare.

3. Panca Indera
Karena ada ‘gangguan’ pada otak, maka Anda pun akan memproses segala sesuatu secara berlebihan. Akibatnya, stimulus normal pun akan menjadi terasa berlebihan.

Misalnya Anda akan merasa sakit saat dipeluk, sinar matahari menjadi sangat silau, bunyi ponsel menjadi lebih keras, dan wangi parfum rekan kerja pun terasa sangat menyengat.

4. Kognitif
Karena otak Anda saat sedang sibuk merespon berbagai ‘ancaman’ dari luar, maka Anda pun tidak dapat berpikir dengan jernih saat ini. ** Baca juga: Terlalu Lama Berjemur di Bawah Sinar Matahari Miliki 5 Dampak Kesehatan

5. Hormon
Rasa sakit yang Anda rasakan akan memicu pelepasan adrenalin, yang akan menyebabkan peningkatan denyut jantung, pupil melebar, dan berkeringat. Kadar hormon stress (kortisol) di dalam tubuh Anda juga akan meningkat.

Saat membicarakan mengenai sakit kepala, maka pengobatan yang paling tepat adalah mencegahnya terjadi. Mengetahui apa yang menjadi pemicu sakit kepala Anda merupakan kunci untuk mencegah terjadinya sakit kepala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru