oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Terlambat Makan?

Kabar6-Tiap orang sepertinya pernah bahkan sering mengalami telat makan, atau memang sengaja melewatkan waktu karena ingin menurunkan berat badan. Padahal, rasa lapar dan kurangnya energi justru dapat memperburuk kondisi tubuh Anda, lho.

Saat Anda melewatkan satu waktu makan, maka kadar gula darah pun akan menurun. Atau bila Anda melewatkan waktu sarapan, maka kadar gula darah tidak akan pernah meningkat.

Gula, melansir Womenshealthmag, dibutuhkan oleh tubuh Anda sebagai sumber energi untuk menjalankan berbagai fungsinya. Jika tubuh tidak memiliki cukup gula, maka setiap organ di dalam tubuh Anda pun akan terpengaruh. Kondisi tersebut akan membuat Anda merasa lelah dan tidak enak badan secara keseluruhan.

Selain itu, bila tubuh tidak memperoleh asupan kalori yang dibutuhkan, maka berbagai sistem tubuh akan masuk ke dalam mode ‘kelaparan’ untuk menyimpan energi.

Hal ini membuat metabolisme tubuh melambat, sehingga makanan yang Anda konsumsi pun tidak dapat dicerna dan dimetabolisme dengan efisien. Kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga dapat mengganggu fungsi intelektual dan emosional Anda, sehingga menjadi tidak dapat berpikir dengan jernih, mudah marah, dan moody.

Saat Anda makan kembali delapan jam atau lebih kemudian, maka tubuh Anda pun akan terasa lebih baik, tetapi hanya untuk waktu singkat. Metabolisme tubuh akan tetap lambat karena tubuh Anda tidak mengetahui kapan suplai kalori berikutnya akan datang dan siklus di atas pun akan kembali berulang.

Bila hal ini berlangsung dalam jangka waktu lama, maka tubuh Anda pun dapat menjadikan otot tubuh sebagai sumber energinya, yang dapat membuat metabolisme tubuh semakin menurun, begitu pula dengan tenaga.

Jadi, melewatkan waktu makan tidak hanya mengganggu berbagai fungsi tubuh, tetapi juga dapat berdampak negatif bagi usaha untuk menurunkan berat badan karena dapat memperlambat metabolisme tubuh dan membuat Anda lebih sulit melawan godaan untuk makan.

Lebih baik bila Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil dan lebih sehat di sepanjang hari untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Selain mengonsumsi diet sehat dan seimbang, jangan lupa untuk menambahkan olahraga dalam jadwal aktivitas harian Anda. ** Baca juga: Ada Sejumlah Gejala Tak Biasa yang Timbul Akibat Kekurangan Zat Besi

Hal ini akan membuat metabolisme tubuh tetap bekerja sebagaimana mestinya, dan membuat Anda tidak terlalu menderita selama proses ini berlangsung, walaupun penurunan berat badan memang akan terjadi dalam waktu yang lebih lambat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru