oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Tak Sengaja Telan Permen Karet?

Kabar6-Saat sedang iseng atau sekadar untuk kesenangan, banyak orang yang mengunyah permen karet, yang memiliki aneka rasa. Biasanya, permen karet akan dibuang dari mulut setelah dikunyah dalam beberapa waktu. Ketika itu, rasa permen karet sudah hambar dan teksturnya menjadi agak keras, hingga tak lagi nikmat untuk dikunyah.

Nah, pernahkah Anda secara tidak sengaja menelan permen karet? Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika tidak sengaja menelan permen karet?

Hal yang penting diketahui, melansir Okezone, permen karet sebenarnya bukanlah makanan dan permen, karena biasanya permen boleh ditelan. Permen karet awalnya dibuat dengan menggunakan tar alami yang elastis dan lengket. Kemudian beralih ke getah pohon seperti pohon karet. Tetapi kini kebanyakan getah bahan permen karet terbuat dari karet sintesis.

Meskipun ada yang terbuat dari bahan alami dan sintesis, permen karet tetap tidak dapat dicerna dalam tubuh. Tubuh manusia tidak bisa membuat bahan kimia apa pun yang mampu memecah polimer pada permen karet.

Namun bukan berarti permen karet tetap berada di dalam tubuh selamanya jika tertelan, lho. ** Baca juga: Minimalisir Kerutan pada Wajah dengan Menu Diet Sehat

Saat gumpalan makanan didorong melalui saluran pencernaan, tubuh akan memecah sebagian besar makanan tersebut untuk mengambil nutrisinya. Hal-hal yang tersisa, termasuk permen karet, akan dibuang begitu saja yang tentunya melalui proses pencernaan.

Hal ini menunjukkan, permen karet sejatinya tidak boleh ditelan. Tetapi, apabila tidak sengaja tertelan sesekali tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Menelan banyak permen karet dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan.

Ini kemudian bisa menimbulkan sembelit yang cukup serius.(ilj/bbs)

Berita Terbaru