oleh

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Sering Dilanda Cemas?

Kabar6-Cemas atau anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, saat harus mengambil keputusan penting, atau ketika menunggu hasil pemeriksaan dokter.

Rasa cemas juga merupakan hasil reaksi biologis tubuh ketika menghadapi stres atau tekanan. Dan setiap orang pasti memiliki kecemasan dalam hidup. Namun, kecemasan yang berlebih ternyata dapat mengubah kualitas hidup kita menjadi lebih buruk.

Selain perubahan sikap, melansir Popbela, ternyata kecemasan berlebih juga membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja dampak dari kecemasan berlebih bagi tubuh kita?

1. Sistem kekebalan tubuh terganggu
Tanpa disadari, kecemasan berlebih ternyata dapat memengaruhi daya tahan tubuh. Akibatnya, tubuh akan rentan terhadap penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

2. Mual
Beberapa riset yang telah dilakukan para ahli mengatakan, kecemasan berlebih juga dapat memengaruhi hormon serotonin dan adrenalin. Dampak kecemasan berlebih adalah kita akan merasakan mual dan yang paling parah adalah blackout (pingsan).

3. Nyeri otot
Kecemasan berlebih membuat hormon kortisol terganggu. Akibatnya, terjadi ketegangan pada otot yang berdampak kepada sakit di bagian punggung atau kepala yang terasa pusing.

4. Masalah pencernaan
Selain berdampak pada hormon, kecemasan berlebih juga memiliki dampak pada sistem saraf. Akibatnya, sistem pencernaan pun dapat terganggu, seperti naiknya asam lambung sehingga saat kita makan terasa mual dan ingin muntah.

5. Kesehatan jantung
Kecemasan berlebihan yang berlangsung dalam waktu cukup panjang juga dapat mengganggu sistem peredaran darah ke jantung. Akibatnya, terjadi pembengkakan pada pembuluh darah sehingga tidak dapat memompa darah secara maksimal ke jantung.

6. Timbul garis halus pada wajah
Kecemasan berlebih dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan penuaan dini. Munculnya garis-garis halus pada wajah erupakan tanda bahwa sistem peredaran darah serta kompleksitas lain tidak berfungsi secara maksimal pada tubuh akibat kecemasan yang berlebih.

7. Komplikasi penyakit
Awal dari sebuah penyakit mungkin banyak faktornya, tetapi apakah Anda tahu bahwa salah satu yang membuat penyakit pada tubuh semakin parah adalah karena kecemasan berlebih?

Ya, kecemasan berlebih seperti dapat ‘membuka pintu’ untuk berbagai penyakit menghinggapi tubuh kita. Komplikasi penyakit terjadi karena sistem di tubuh kita tidak berfungsi maksimal. ** Baca juga: Berapa Banyak Minyak Goreng yang Diserap dalam Satu Makanan?

Jadi, hindari cemas berlebihan dan lebih baik kamuAnda segera konsultasikan kepada orang terdekat atau ahlinya agar tidak berlarut-larut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru