Apa yang Terjadi Bila Tubuh Kurang Terpapar Sinar Matahari Pagi?

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sinar matahari baik untuk tubuh, terutama untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D, dan memainkan peran penting yaitu membantu banyak organ dan jaringan tubuh menjalankan fungsinya.

Harus diakui, banyak pekerja kantor kurang terpapar sinar matahari. Apa saja dampak buruk apabila tubuh kurang terpapar sinar matahari? Dikutip dari berbagai sumber, ini beberapa hal yang ditimbulkan:

1. Tulang jadi lemah
Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Kalsium bisa terserap baik oleh usus dengan bantuan vitamin D. Kekurangan vitamin sinar matahari bisa menyebabkan penurunan penyerapan kalsium dan ini bisa melemahkan struktur tulang.

2. Kelainan bentuk kaki
Karena vitamin D memfasilitasi penyerapan fosfat dan kalsium lewat pencernaan, ini menjadi berguna dalam menangani masalah terkait tulang. Kurangnya kalsium dalam tulang bisa mengubah struktur tulang dan mengubah bentuknya. Meningkatkan asupan vitamin D dalam bentuk suplemen atau dengan membiarkan tubuh terpapar sinar matahari bisa membantu mempertahankan kadar kaslium yang tepat di tulang dan sel-sel.

3. Kanker usus besar
Penelitian telah menunjukkan, paparan sinar matahari yang rendah berakibat jumlah vitamin D kurang bisa menyebabkan perkembangan kanker usus besar (Colorectal Cancer). Jumlah vitamin D yang cukup menentukan kelangsungan hidup dan pertumbuhan sel kanker.

4. Masalah kulit
Salah satu gangguan pada kulit, psoriasis adalah penyakit kulit yang terjadi karena kerusakan sistem kekebalan tubuh, vitamin D bisa mengubah keseimbangan imun dengan cara yang positif. Paparan sinar ultraviolet-B bisa jadi cara yang efektif untuk mengobati psoriasis, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Menjaga dosis vitamin D yang sehat dalam hidup Anda bisa membuat perbedaan besar bagi kesehatan kulit Anda. ** Baca juga: Menurut Ahli, Begini Dampak Buruk Deodoran

Paparan sinar matahari yang dibutuhkan tubuh antara pukul 6.00 hingga pukul 9.00. Itulah waktu yang tepat untuk proses olahraga. Jika tidak bisa di pagi hari, ada baiknya setelah pukul 15.00. Kebutuhan paparan sinar matahari ini bisa dicukupkan sebanyak empat kali seminggu dengan durasi sekira 15 menit.(ilj/bbs)