oleh

Apa yang Terjadi Bila Kita Kekurangan Vitamin D?

Kabar6-Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Vitamin D atau Kalsiferol memiliki sifat yang sama dengan vitamin A dan Vitamin E yaitu mudah larut dalam lemak.

 

Vitamin D ini sangat mudah untuk didapatkan, caranya cukup dengan membuat tubuh terkena cahaya matahari pagi. Tubuh kita sangat memerlukan vitamin D, karena memegang fungsi penting untuk melindungi kesehatan tulang, organ penting pada badan, sampai kesehatan sistem pencernaan.

 

Makanan yang mengandung vitamin D antara lain minyak ikan cod, susu, udang, tuna, sereal, dan lain-lain. ** Baca juga: Jangan Lakukan Ini Agar Payudara Tidak Kendur

 

Nah, bagaimana jika tubuh kita kekurangan vitamin D? Yuk simak uraian berikut ini:

 

1. Masalah paling umum saat tubuh kekurangan vitamin D yaitu osteoporosis atau rapuh tulang. Fungsi utama vitamin D adalah untuk melindungi kepadatan dan kemampuan tulang. Jadi, kekurangan vitamin D akan mengakibatkan tulang mejadi tidak tebal, lemah, serta gampang patah.

 

2. Saat tubuh kekurangan vitamin D, tidak ada yang menghalangi atau istilahnya memblokir protein pemicu peradangan di paru-paru. Akibatnya, Anda dapat terinfeksi asma.

 

3. Dalam sebuah riset kesehatan disebutkan bahwa kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan risiko yang lebih tinggi untuk terserang tekanan darah tinggi.

 

Diluar itu, tingkat kematian awal disebabkan penyakit kardiovaskular dapat juga berlangsung saat badan Anda tidak mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan masalah jantung.

 

4. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan peradangan, karena tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan. Selain itu, kekurangan vitamin D juga menyebabkan penyakit radang usus, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

 

5. Akibat lain yang ditimbulkan karena kekurangan vitamin D adalah tubuh tidak dapat mengatur kandungan kolesterol dalam darah.

 

6. Sebuah riset menunjukkan bahwa anak-anak dengan kandungan vitamin D yang lebih rendah, mempunyai risiko tinggi untuk terserang alergi makanan atau udara dingin.

 

7. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan inflamasi atau peradangan pada sistem pernapasan, sehingga Anda pun rentan terserang flu.

 

8. Tubuh yang kekurangan vitamin D, rentan terserang depresi? Berdasar sebagian riset, vitamin D memegang fungsi utama dalam memproses stres yang dapat berlanjut menjadi depresi.

 

9. Sebuah riset menunjukkan bahwa vitamin D menolong dalam sekresi insulin dari pankreas serta meningkatkan tanggapan badan pada glukosa darah. Jadi apabila tubuh kekurangan vitamin D, Anda rawan terserang penyakit diabetes.

 

10. Vitamin D memegang fungsi utama dalam melindungi kesehatan gigi. Kekurangan vitamin D pada orang lanjut usia, memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gigi tanggal.

 

11. Dalam sebuah riset ditunjukkann bahwa wanita yang memperoleh konsumsi vitamin D cukup, memiliki risiko rendah untuk terserang penyakit arthritis atau nyeri sendi.

 

12. Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan kanker. Bahkan, 75% masalah kanker berlangsung lantaran tubuh kekurangan vitamin D.

 

Sayangi tubuh Anda, dan jangan malas untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit.(ilj)

Berita Terbaru