oleh

Apa yang Seharusnya Tidak Diterapkan di Kamar Mandi dan WC?

ilustrasiKabar6-Setiap rumah pasti memiliki kamar mandi dan wc sebagai tempat membersihkan diri untuk anggota keluarga. Posisi kamar mandi ada yang sekaligus dengan wc, namun ada juga yang terpisah.

 

 

Menurut feng shui, ada beberapa catatan mengenai letak kamar mandi dan wc yang harus dihindari, karena dianggap tidak sesuai dengan feng shui. Berikut uraiannya.

 

1. WC terletak di sisi depan berdekatan dengan pintu utama.

Posisi seperti ini menurut feng shui tidak baik, karena secara tidak langsung akan menyebarkan sha qi atau energi buruk pada orang atau tamu yang datang ke rumah. Energi inilah yang mempengaruhi syaraf berpikir seseorang untuk bertindak negatif. Penghuni rumah yang memiliki komposisi seperti ini sering mengalami penipuan, kemalingan atau perampokan.

 

2. WC berhadapan dengan dapur.

Pintu wc yang berhadapan dengan pintu dapur menurut feng shui tidak baik karena akan menimbulkan efek dorong dan hisap udara di antara dua ruangan tersebut. Dapur yang higienis sebaiknya tidak terkontaminasi dengan udara yang berasal dari wc, sehigga tidak mengundang virus berbahaya. Menurut feng shui, wc dan dapur yang berhadapan akan merusak keharmonisan suami istri .

 

3. WC berhadapan dengan kamar tidur.

Pintu kamar tidur sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan pintu wc atau kamar mandi baik. Posisi pintu yang berhadapan itu tidak baik untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan suami istri. Bahkan dapat pula menyebabkan seseorang sulit memiliki keturunan.

 

4. Pintu WC terlihat dari pintu masuk.

Dalam feng shui, posisi ini berpengaruh buruk dalam hal rezeki dan keuangan penghuni rumah, karena energi positif yang masuk langsung tersedot hilang ke dalam wc.

 

Untuk menghindari pengaruh buruk yang disebabkan posisi kamar mandi dan wc yang kurang tepat, ada beberapa saran sesuai feng shui, sehingga peruntungan Anda tidak akan hilang atau berkurang.

 

1. Letak kamar mandi atau wc sebaiknya berada di sudut belakang rumah

 

2. Apabila kamar mandi atau wc terletak dalam ruang keluarga atau kamar tidur, diusahakan posisinya agak tersembunyi dan memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang benar, misalnya mengarah ke taman atau ruang terbuka.

 

3. Jika letak wc dan kamar mandi terjepit di antara dua kamar tidur, sebaiknya di bagian plafon memiliki rongga dan kaca yang tembus cahaya agar bau tidak sedap dan kelembaban dapat dikurangi.

 

4. Mengeser salah satu pintu atau memberi sekat pada pintu wc dan kamar mandi yang berhadapan langsung dengan dengan pintu ruangan lainnya.(ilj)

**Baca juga: Menarik Unsur Kemakmuran Tinggal Di Apartemen.

Berita Terbaru