oleh

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Usai Konsumsi Makanan Berkolesterol Tinggi?

Kabar6-Kolesterol tinggi terjadi akibat pola makan yang salah. Penyakit kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Karena itulah, selain memperbaiki pola makan dengan mengurangi makanan penyebab kolesterol, kita juga harus konsumsi makanan penurunan kolesterol tinggi.

Sebenarnya, ada sejumlah hal yang dapat dilakukan setelah menyantap makanan berkolesterol tinggi. Hal ini untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, agar tetap terkendali. Melansir Timesofindia, berikut sejumlah hal yang dapat dilakukan usai mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi:

1. Minum air hangat
Usai mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, segera legakan dengan minum air hangat satu hingga dua gelas. Ini berguna untuk bantu meniadakan efek buruk yang bisa mengganggu kerusakan usus.

2. Hindari makan sesuatu yang dingin
Menimpa makanan berlemak dan berminyak ke dalam tubuh dengan sesuatu yang dingin akan membuatnya mengeras, sehingga usus akan kesulitan dalam mencernanya.

3. Jangan langsung tidur
Usahakan untuk tidak langsung tidur setelah mengonsumsi makanan yang berkolesterol. Berikan jeda setidaknya dua jam untuk tubuh mencerna dan tidak menyimpannya dalam bentuk lemak.

4. Lakukan aktivitas
Sementara tidak langsung tidur, lakukanlah aktivitas seperti berjalan kaki dan naik turun tangga. Ini akan membantu tubuh membakar kalori dan menjaga fungsi usus dan hati.

5. Minum madu
Madu adalah penawaran untuk makanan berlemak dan berminyak. Buatlah ramuan dengan segelas air hangat yang ditambah satu sendok teh madu dan dua sendok teh cuka sari apel.

6. Minum air lemon
Air lemon juga bisa dijadikan pilihan yang lain. Campurkan dua sendok makan jus lemon dengan segelas air hangat. ** Baca juga: Jangan Buang 5 Benda Ini ke Kloset

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru