oleh

Apa yang Harus Dilakukan Usai Berbelanja dari Pasar atau Supermarket?

Kabar6-Saat ini sudah dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Nah, ketika kebijakan ini berlaku, terdapat sejumlah aktivitas masyarakat yang dibatasi.

Di antaranya pembatasan kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat atau fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya, serta membatasi moda transportasi umum.

Termasuk juga sekolah dan kantor diliburkan atau dirumahkan untuk sementara waktu. Namun masih ada kegiatan yang diperbolehkan, salah satunya adalah berbelanja kebutuhan pokok.

Supermarket, pasar, apotik, dan toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masih berjalan seperti biasa. Meskipun demikian, ada tata cara yang harus Anda lakukan setelah berbelanja di luar rumah, untuk mencegah penularan COVID-19. Melansir Inews, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan:

1. Semprotkan cairan disinfektan pada barang-barang yang Anda bawa dari luar. Mulai dari sepatu, tas, gadget, hingga dompet.
2. Lebih baik, buang kemasan belanja Anda seperti plastik, paper bag, bahkan struk belanja.
3. Segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.
4. Jangan duduk di sofa atau tempat tidur dan menyentuh barang apa pun di rumah Anda.
5. Ganti baju terlebih dahulu atau langsung mencucinya.
6. Mandi dan keramas.
7. Menggunakan pakaian bersih, sehingga bisa istirahat di kasur Anda. ** Baca juga: Waduh, KDRT di Sejumlah Negara Meningkat Imbas dari Social Distancing

Tetap waspada dan selalu jaga kebersihan setiap saat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru