oleh

Apa yang Dapat Dilakukan untuk Cegah Dehidrasi Saat Puasa?

Kabar6-Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang sering dialami saat kita sedang menjalankan ibadah puasa, terlebih apabila Anda kurang minum, baik saat berbuka puasa maupun sahur. Hal ini tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan.

Diketahui, sebagian besar tubuh kita terdiri atas air, yaitu 60–70 persen. Tubuh membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Nah, dehidrasi terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan cairan. Kondisi ini dapat dialami saat Anda sedang sakit (muntah atau diare), beraktivitas berat, ataupun berpuasa.

Akibatnya, Anda akan merasa haus, sulit berkonsentrasi, pusing, lemas dan daya tahan tubuh menurun. Kebutuhan cairan saat puasa, melansir Klikdokter, sama seperti saat tidak berpuasa, jika aktivitas Anda tidak berubah. Pada umumnya, kebutuhan cairan per hari untuk orang dewasa adalah dua liter atau setara dengan 8–10 gelas per hari.

Tubuh tentu akan merasa lelah setelah beraktivitas sepanjang hari, terlebih ketika sedang berpuasa. Mengonsumsi air kelapa saat berbuka dipercaya sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, karena kandungan elektrolit di dalamnya dapat menghidrasi tubuh secara alami.

Air kelapa asli mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa secara cepat, karena komposisi di dalamnya serupa dengan cairan tubuh manusia. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium, yang lebih tinggi dibanding air putih biasa.

Kandungan potasium dalam air kelapa empat kali lebih tinggi daripada empat buah pisang, yang memang mengandung kadar potasium tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan di Medicine & Science in Sport & Exercise menyebutkan, air kelapa asli dapat mengembalikan cairan tubuh lebih baik daripada minuman olahraga. Hal ini karena air kelapa asli mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami di setiap 200 ml yang Anda konsumsi, sehingga dapat mengatasi dehidrasi dengan lebih baik.

Selain itu untuk mencegah dehidrasi, Anda dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi buah atau jus yang mengandung air dan menu makanan kuah seperti soto atau bakso. ** Baca juga: Selama Karantina di Rumah, Penting untuk Mengatur Mood

Hindari mengonsumsi kopi, teh, dan soda yang mengandung kafein, yang justru dapat membuat Anda kehilangan cairan tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru