oleh

Apa Tanda yang Tunjukkan Anda Sudah Berlebihan Minum Air Putih?

Kabar6-Meskipun takaran tiap orang berbeda-beda, pakar kesehatan menyarankan Anda untuk minum air putih sekira delapan gelas atau dua liter setiap hari. Sebaliknya, terlalu banyak minum air putih ternyata juga tidak dianjurkan.

Mengapa demikian? Berlebihan minum air putih dapat menekan konsentrasi sodium dalam tubuh atau yang disebut dengan istilah hyponatremia. Lantas, apa saja tanda yang menunjukkan bahw Anda sudah terlalu banyak minum air putih? Melansir beberapa sumber, berikut uraiannya:

1. Ingin buang air kecil di malam hari
Setiap orang normalnya buang air kecil (BAK) sebanyak 6-8 kali dalam sehari. Jika lebih dari ini, bisa jadi Anda terlalu banyak minum air. Untuk mencegah rasa ingin BAK di tengah malam, minumlah segelas air dua jam sebelum tidur.

2. Mual dan muntah
Gejala ini terlihat, baik saat Anda kekurangan ataupun kelebihan cairan dalam tubuh. Saat Anda terlalu banyak minum air, ginjal akan kesulitan untuk membuang kelebihan cairan, sehingga air pun mulai berkumpul di dalam tubuh. Hasilnya, rasa mual dan ingin muntah yang sulit ditahan.

3. Pusing
Selain mual dan muntah, pusing kepala juga menjadi kondisi yang dialami pengidap dehidrasi maupun kelebihan air. Terlalu banyak minum air putih membuat konsentrasi garam dalam darah menurun drastis, menyebabkan sel-sel dalam organ tubuh membengkak. Begitu juga dengan bagian otak yang membesar dan menekan kerangka kepala, sehingga timbul rasa pusing.

4. Pembengkakan dan perubahan warna di bibir, tangan, dan kepala
Di beberapa kasus hyponatremia, akan timbul pembengkakan atau perubahan warna di beberapa bagian tubuh, khususnya bibir, tangan, atau kepala. Kondisi ini disebabkan karena kelebihan cairan di aliran darah.

5. Tubuh terasa letih dan lesu
Ginjal berfungsi menyaring air yang dikonsumsi dan memastikan kadar cairan di dalam aliran darah tetap seimbang. Jika Anda terlalu banyak minum air putih, ginjal dipaksa untuk bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan reaksi stres dari hormon. Hasilnya, tubuh pun terasa lemas dan letih.

Jadi cukupkan cairan tubuh dengan minum air putih sesuai kebutuhan, alias tidak berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru