oleh

Apa Sih Penyebab Air Mata Selalu Keluar Saat Memotong Bawang?

Kabar6-Bawang menjadi salah satu bumbu wajib yang nyaris selalu ada saat mengolah sebuah menu masakan. Namun di sisi lain, banyak orang yang enggan memotong bawang karena dapat membuat mata perih hingga mengeluarkan air mata, serta memberikan rasa tidak nyaman.

Mengapa setiap memotong bawang air mata selalu keluar? melansir MSN, air mata yang keluar saat memotong bawang adalah air mata refleks. Jenis air mata ini berbeda dengan air mata basal yang selalu ada melumasi mata. Air mata ini juga berbeda dengan air mata emosional. Air mata refleks keluar dari kelenjar lachrymal. Kelenjar ini menerima sinyal dari otak untuk mengeluarkan air mata refleks bila mata mendapatkan paparan iritan eksternal.

Saat memotong bawang, ada enzim yang keluar dan mengambang di udara. Ketika di udara, enzim ini menjadi senyawa bernama syn-propanethial-S-oxide. Senyawa inilah yang kemudian memicu keluarnya air mata ketika memotong bawang.

Seiring berjalannya waktu, tubuh kemungkinan dapat meningkatkan batas toleransi terhadap syn-propanethial-S-oxide. Tapi tidak ada jangka waktu pasti mengenai kapan toleransi tubuh terhadap syn-propanethial-S-oxide akan meningkat. ** Baca juga: Usai Bercinta, Sprei Perlu Diganti Atau Tidak?

Karena itulah orang-orang yang harus memotong bawang mungkin hanya bisa menahan nyeri yang ditimbulkan bawang sampai nyeri itu mereda dengan sendirinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru