oleh

Apa Sih Beda Lari di Dalam & Luar Ruangan?

Kabar6-Olahraga lari selain murah juga bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill, maupun di udara terbuka, dan dapat dilakukan kapan saja. Sebenarnya adakah perbedaan antara lari di dalam dan di luar ruangan? Dilansir ghumi.id, berikut uraiannya:

1. Energi
Ternyata untuk urusan energi yang dikeluarkan, lari di luar ruangan lebih memakan banyak energi dibandingkan dengan lari di dalam ruangan. Ada banyak faktor eksternal yang memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras. Dari mulai kelembapan udara hingga kontur track lari yang belum tentu datar.

2. Kecepatan
Mungkin banyak dari kita mengira kalau lari dengan treadmill lebih cepat dibandingkan di luar ruangan. Pasalnya, treadmill lebih konstan dan bisa diukur kecepatannya.
Namun sebuah penelitian mengatakan sebaliknya. Lari di luar ruangan ternyata menghasilkan kecepatan lebih cepat dibandingkan dengan treadmill. Makanya ada istilah treadmill slow you down.

Sementara ini para ahli berhipotesa mungkin efek gerak objek membuat otak memacu otot lebih kencang dalam berlari. Bisa dibilang hanya sensasinya saja yang berbeda sehingga memberi efek luar berbeda.

3. Cedera
Lari di luar ruangan paling berisiko misalnya yang berkaitan dengan keramaian lalu lintas, terpapar polusi udara secara langsung, dan tentu saja terpapar panas matahari secara langsung. Sementara pada treadmill hanya cedera pada otot dan ligamen saja. ** Baca juga: Punya Lemak di Perut Tidak Selalu Merugikan

Jadi lari di dalam atau luar ruangan yang menjadi pilihan Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru