oleh

Apa Sih Beda Antara Lemak & Kolesterol?

Kabar6-Seringkali saat mengonsumsi makanan secara berlebihan, Anda diingatkan untuk menghindari sejumlah hidangan berlemak dan yang mengandung kolesterol. Sementara di satu sisi, banyak orang yang menganggap bahwa lemak dan kolesterol adalah dua hal yang sama.

Meskipun terlihat memiliki kesamaan, lemak dan kolesterol adalah dua hal yang berbeda. Ada beberapa perbedaan hingga ciri-cirinya di dalam tubuh. Melansir beberapa sumber, ini dia perbedaan antara lemak dan kolesterol:

1. Lemak
Merupakan zat minyak yang melekat pada daging dan dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak sendiri dibagi atas dua jenis, jahat dan baik. Lemak jahat sendiri juga terbagi ke dalam dua jenis, lemak jenuh dan trans. Kedua lemak ini terkandung di dalam makanan, seperti daging merah, ayam dan berbagai jenis produk olahan susu.
Sedangkan lemak trans adalah jenis lemak yang hanya terdapat pada makanan yang digoreng. Minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng makanan akan mengalami proses hidrogenasi parsial yang kemudian menimbulkan lemak trans.

Lemak baik umumnya disebut dengan lemak tidak jenuh. Lemak ini terbagi atas dua jenis. Asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kedua jenis lemak ini memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Seperti menurunkan peradangan dan menstabilkan ritme jantung.

Asam lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan di minyak zaitun, minyak yang berasal dari kacang-kacangan, minyak jagung dan lain-lain. Sedangkan asam lemak tak jenuh ganda, dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

2. Kolesterol
Kolesterol adalah jenis zat di dalam tubuh yang membantu pembentukan sel dan membran, untuk melindungi sel itu sendiri. Kolesterol bukan lemak, tetapi sebuah senyawa atau zat yang diproduksi oleh hati.

Kolesterol dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan seperti keju, telur, mentega dan daging merah yang berlemak. Meskipun fungsinya baik untuk tubuh, memiliki kadar kolesterol yang berlebih juga tidak baik karena dapat berpengaruh pada fungsi atau kerja jantung.

Lemak dan kolesterol akan memberi efek tertentu pada tubuh, terutama jika porsinya sudah berlebih. Jika Anda kelebihan lemak, maka tubuh juga akan menunjukan reaksi terutama soal menurunnya kesehatan tubuh seperti tubuh gemuk, malas bergerak, mudah mengantuk, hingga yang terparah adalah gagal jantung karena terhimpit lemak.
Sedangkan kolesterol berlebih, akan membuat tubuh menjadi rawan gangguan kesehatan seperti jantung, karena saluran yang membawa darah ke jantung akan terhalang, stroke, darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membatasi atau mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan memulai hidup sehat. Ganti sejumlah makanan dengan menu-menu rendah lemak dan kolesterol seperti sayur-sayuran, buah, jika ingin makan makanan yang digoreng ganti minyaknya dengan minyak zaitun.

Jangan lupa rutin berolahraga untuk mengurangi kadar minyak dan kolesterol berlebih dalam tubuh. Jalan kaki setiap pagi atau sore hari di sekitar rumah selama satu jam, sudah bisa membantu tubuh untuk membakar lemak dan kolesterol.(ilj/bbs)

Berita Terbaru