oleh

Apa Sih 6 Penyebab Urine Berbau Kurang Sedap yang Tidak Berhubungan dengan Penyakit?

Kabar6-Anda tentu suatu waktu pernah mencium bau urine tidak sedap usai buang air kecil (BAK). Apakah hal ini disebabkan karena ada sesuatu tidak beres yang menyangkut kesehatan Anda?

Urine berbau tidak sedap, melansir beberapa sumber, juga bisa disebabkan oleh sejumlah ini, yang sama sekali tidak berhubungan dengan penyakit apa pun. Apa saja penyebabnya?

1. Dehidrasi
Penyebab utama urine berbau adalah tidak minum cukup air. “Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, urin memiliki bau yang kuat dan tampak berwarna gelap. Ini cara tubuh memberitahu Anda untuk rehidrasi,” kata Dr. Sherry Ross, MD, seorang ob-gyn.

2. Konsumsi makanan dengan bau yang kuat atau menyengat
Menurut studi di British Medical Journal, sebanyak 40 persen orang dapat mencium perbedaan bau urine mereka setelah makan asparagus.

“Namun, makanan tertentu seperti kubis Brussel, bawang bombay, beberapa bumbu seperti bawang putih, kari, salmon, dan alkohol juga dapat mengubah bau urine Anda,” kata Dr. Ross.

3. Usai minum kopi
“Beberapa orang mungkin mengalami bau urine yang berbeda setelah minum kopi,” kata Adam Ramin, MD, seorang ahli urologi. Namun, fakta bahwa kopi bersifat diuretik berarti Anda bisa mengalami dehidrasi yang membuat urine lebih pekat dan itu bisa menjadi masalah.

4. Dalam masa ovulasi
Hormon yang sama yang membentuk bayi (sekali lagi, estrogen dan progesteron) juga bekerja selama siklus bulanan, meskipun dalam skala yang lebih kecil.

Itulah mengapa, Anda mungkin lebih menyadari urine berbau berbeda, meskipun sebenarnya tidak ada yang aneh tentang bau urine Anda. ** Baca juga: Bagaimana Pola Makan yang Bisa Hilangkan Lemak Saat Turunkan Berat Badan?

5. Minum suplemen
Dikatakan Dr. Ross, seberapa suplemen, vitamin, dan obat-obatan juga dapat menyebabkan perubahan pada bau urine Anda. Hal ini karena perasa buatan yang dimasukkan ke dalam beberapa lapisan obat untuk membuatnya lebih enak, bisa membuat urine Anda berbau tidak sedap.

Jadi jangan panik dulu, teliti lagi apa yang membuat urine Anda berbau tak sedap.(ilj/bbs)

Berita Terbaru