oleh

Apa Sebab Usai Makan Banyak Jadi Mengantuk?

Kabar6-Apakah Anda sering terserang kantuk usai ‘makan berat’? Padahal kalori yang Anda asup seharusnya memberi tenaga cukup untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

Namun mengapa yang terjadi justru Anda jadi mengantuk? Melansir Sciencedaily, berikut uraiannya:

1. Respon saraf
Salah satunya adalah karena perubahan kadar hormonal di dalam tubuh. mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi gula akan menstimulasi respon aneural begitu semua makanan tersebut mencapai usus halus Anda.

Respon aneural yang dimaksud di sini adalah respon dari sistem saraf parasimpatik, yang akan “memberitahu” tubuh Anda untuk melambatkan kerjanya dan memfokuskan seluruh tenaganya pada proses pencernaan makanan.

2. Sel otak
Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa ada sekelompok sel-sel otak yang disebut dengan sel saraf orexin di dalam hipotalamus, yang sangat sensitif terhadap kadar peningkatan kadar glukosa (gula).

Sel saraf ini berfungsi untuk menghasilkan suatu jenis protein yang disebut dengan orexin, yang berfungsi untuk membuat otak tetap ‘terjaga’.

Jadi saat kadar glukosa darah Anda meningkat setelah makan banyak, maka kinerja sel saraf ini pun akan menurun dan Anda pun akan mulai merasa mengantuk.

3. Kadar insulin
Orexin bukanlah satu-satunya hal yang kerjanya dipengaruhi oleh makanan. Seiring dengan semakin banyaknya makanan yang Anda konsumsi, maka kadar insulin di dalam tubuh Anda pun akan meningkat pula.

Peningkatan kadar insulin ini akan memicu peningkatan kadar serotonin dan melatonin di dalam otak. Keduanya merupakan komponen yang memang telah dikenal dapat membuat seseorang merasa mengantuk sekaligus bahagia.

Walaupun makan banyak dapat membuat Anda merasa mengantuk setelahnya, selain dapat mengganggu tidur Anda di malam hari (terutama bila Anda makan banyak di malam hari), rasa kantuk yang ditimbulkan oleh makan berlebihan ini biasanya tidak berbahaya.

Hal ini dikarenakan makan banyak di malam hari akan menyebabkan kadar insulin Anda meningkat dengan cepat, yang kemudian juga akan menurun dengan cepat. ** Baca juga: Adakah Keuntungan Makan di Sore Hari?

Perubahan kadar insulin ini dapat mengganggu siklus tidur Anda, yaitu membuat Anda terbangun di tengah malam atau membuat Anda tidak dapat tidur nyenyak sehingga tetap merasa lelah saat terbangun keesokkan harinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru