Apa Sebab Tiba-tiba Timbul Memar pada Tubuh?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernakah Anda mendapati tiba-tiba timbul memar di beberapa bagian tubuh tanpa sebab yang jelas? Mengapa hal ini bisa terjadi? Terjadinya memar tanpa penyebab yang jelas biasanya dikarenakan Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, yang dapat mengencerkan darah, sehingga lebih mudah mengalami memar.

Biasanya memar hanya terjadi bila Anda telah mengonsumsi obat-obatan tertentu selama seminggu atau lebih. Dilansir Womenshealthmag, pada beberapa kasus memar dapat timbul setelah Anda hanya mengkonsumsi satu atau dua dosis. Selain obat, suplemen seperti minyak ikan juga dapat menyebabkan timbulnya memar. Hal ini dikarenakan minyak ikan juga mengandung zat antikoagulan.

Jika memar pada tubuh mulai memudar dalam waktu seminggu, maka Anda tidak perlu melakukan apapun. Mungkin Anda hanya perlu mengurangi konsumsi obat-obatan tertentu. Namun bila memar Anda tidak juga tampak memudar atau membaik setelah lebih dari satu bulan, segera periksakan diri Anda ke seorang dokter, terutama bila Anda juga mengalami gejala perdarahan lain seperti mimisan. ** Baca juga: Bentuk Bahu Bisa Jabarkan Kepribadian Seseorang?

Kedua gejala ini dapat merupakan gejala dari suatu kelainan darah, seperti anemia, penyakit Von Willebrand (suatu kelainan pembekuan darah), idiopatik trombositopenik purpura (suatu gangguan di mana penderita hanya memiliki sedikit sel-sel darah), dan leukemia (kanker darah, walaupun sangat jarang).(ilj/bbs)