oleh

Apa Sebab Mendadak Ingin Makan Camilan Gurih Asin?

Kabar6-Dalam suatu waktu, Anda tentu pernah ‘ngidam’ atau ingin sekali makan yang asin dan gurih seperti keripik dan camilan sejenis. Mengapa hasrat mengemil makanan asin dan gurih ini muncul?

Bukan tanpa sebab, melansir Fimela, ternyata ada alasan ilmiah yang dapat menjelaskan mengapa Anda tiba-tiba ingin makan seperti itu. Apa yang jadi penyebabnya?

1. Faktor kebiasaan
Jika di rumah terbiasa menikmati makanan yang asin dan gurih, maka Anda akan cenderung menganggap makanan yang kurang asin atau kurang gurih itu sebagai makanan yang membosankan dan hambar.

Tapi Anda perlu waspada karena ternyata kita hanya membutuhkan maksimal 2.300 miligram garam (sekira satu sendok teh garam) per harinya. Bahkan untuk orang tua di atas usia 51 tahun, orang dengan penyakit darah tinggi, diabetes, dan ginjal, kebutuhan garamnya hanya 1.500 miligram per hari.

2. Tubuh kekurangan mineral
Tubuh kita memerlukan kalsium, sodium, seng, dan berbagai mineral lain untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Mineral-mineral tersebut bisa membantu kelancaran proses kimia dalam tubuh dan menjaga keseimbangan hormon.

Dan banyak mineral yang memiliki rasa asin, sehingga ketika merasa ingin makan sesuatu yang asin atau gurih, tubuh sedang mengirim sinyal bahwa Anda butuh garam untuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh.

3. Mengalami dehidrasi
Sodium memiliki fungsi untuk menahan air di dalam tubuh dalam waktu yang cukup lama untuk menghidrasi sel-sel tubuh kita. Saat mengalami dehidrasi, Anda akan butuh lebih banyak garam untuk menstabilkan elektrolit (garam mineral yang menghantarkan keelektrikan di dalam jaringan tubuh dan mempertahankan kebutuhan air yang dibutuhkan) dalam tubuh.

4. Gangguan fungsi kelenjar adrenal
Keinginan yang amat sangat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa menjadi tanda adanya gangguan fungsi kelenjar adrenal dan bisa juga menjadi pertanda tekanan darah rendah.

Ketika Anda mengalami keinginan mengemil makanan yang asin dan gurih secara berlebihan, kurang berenergi, dan terdapat kantung mata di bawah mata, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan kadar kortisol dan kelenjar adrenal.

Keinginan untuk makan sesuatu seperti ngidam biasanya menjadi tanda adanya defisiensi dalam tubuh. Penyebabnya bisa karena faktor fisik (sistem adrenal yang kurang aktif), emosi (kebiasaan), dan nutrisi (seperti kadar mineral rendah). ** Baca juga: Hasil Studi Sebutkan, Kesepian Sama Mematikannya dengan Merokok 15 Batang Sehari

Untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh dan hormon dalam tubuh, Anda perlu memperhatikan kandungan dari makanan yang dikonsumsi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru