oleh

Apa Sebab Lemak Perut Susah Berkurang?

Kabar6-Tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan, lemak perut juga membuat perut tampak lebih maju, sehingga mengganggu penampilan. Perut buncit sering kali menjadi pertanda adanya penumpukan lemak di perut.

Jika dibiarkan terlalu lama, timbunan lemak di perut yang menyebabkan obesitas ini bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, stroke, serangan jantung, kanker, dan demensia.

Lantas, apa penyebab lemak perut tidak juga berkurang, meski Anda telah melakukan berbagai cara? Melansir Shape, ini sejumlah hal yang menyebabkan lemak perut tetap membandel:

1. Kekurangan magnesium
Tubuh memerlukan magnesium untuk membantu kerja berbagai organ, termasuk untuk menjaga kestabilan irama jantung dan mengatur kadar gula darah. Selain itu, magnesium juga dapat membantu proses penurunan berat badan dan bentuk tubuh.

Konsumsilah makanan kaya magnesium lebih banyak, antara lain sayuran hijau dan kacang-kacangan. Konsumsi magnesium harian yang direkomendasikan bagi wanita berusia kurang dari 30 tahun adalah 310 mg, dan 320 mg untuk wanita berusia 30 tahun atau lebih.

2. Olahraga dengan cara yang salah
Olahraga yang lebih baik dan lebih efektif untuk membakar lemak di perut adalah angkat beban. Olahraga angkat beban menyebabkan robekan mikro pada otot yang membutuhkan lebih banyak energi (berarti Anda membakar lebih banyak kalori) pada saat proses penyembuhan, yang dapat berlangsung hingga dua hari setelah olahraga dilakukan.

Para peneliti menemukan, olahraga yang paling efektif untuk membakar lemak adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan berinterval (high intensity interval training/HIIT) yang dapat meningkatkan denyut jantung anda dan melatih otot.

Sebuah penelitian di Amerika menemukan, orang yang melakukan olahraga dengan intensitas berat dapat mengalami penurunan lemak perut hingga 20 persen. Anda dapat melakukan HIIT melalui berbagai jenis olahraga termasuk olahraga kardio seperti berenang, bersepeda, atau dayung, atau latihan angkat beban.

3. Kurang tidur
Sebuah penelitian di Amerika menemukan, wanita yang tidur kurang dari lima jam, atau hanya beberapa jam setiap malamnya memiliki risiko peningkatan berat badan yang lebih tinggi daripada wanita yang memiliki waktu tidur cukup (hingga 32 persen).

Penelitian lainnya menemukan, saat seorang wanita hanya tidur selama empat jam pada malam hari, maka mereka akan mengonsumsi 300 kalori lebih banyak setiap harinya, terutama yang berasal dari makanan berlemak. Hal ini mungkin dikarenakan oleh kurang tidur menyebabkan peningkatan kadar hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan.

4. Sering konsumsi minuman bersoda
Minuman soda yang mengandung banyak gula merupakan sumber kalori yang cukup tinggi dan juga salah satu perusak diet. Minuman soda tanpa kalori pun tetap dapat meningkatkan lingkar perut anda.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan, minuman bersoda berhubungan dengan peningkatkan lingkar perut dan lemak perut. Sementara itu, diet soda berhubungan dengan peningkatan lingkar perut, indeks massa tubuh, dan persentase lemak total.

Hal ini mungkin diakibatkan oleh pemanis buatan yang terdapat di dalam diet soda tidak memberikan energi seperti yang diharapkan oleh tubuh anda (karena diet soda tidak mengandung kalori), dan membuat Anda merasa lapar, sehingga akhirnya mengonsumsi kalori tambahan.

5. Diet tinggi garam
Mengonsumsi makanan asin atau mengandung banyak garam dapat membuat air dalam darah berpindah ke kulit, dan membuat Anda terlihat gemuk atau membengkak. Diketahui, konsumsi garam harian yang direkomendasikan adalah sekira 2.300 mg.

Beberapa makanan yang mengandung garam adalah makanan kalengan, daging olahan, dan beberapa jenis keju.

6. Berlebihan konsumsi minuman beralkohol
Beberapa penelitian menunjukkan, alkohol dapat meningkatkan nafsu makan, bahkan beberapa jenis minuman beralkohol memang berhubungan dengan peningkatan lemak perut.

Sebuah penelitian di Denmark menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi bir berhubungan dengan peningkatan lemak perut. ** Baca juga: 6 Cara Cerdas Atasi Kelaparan di Tengah Malam Agar Berat Badan Tetap Stabil

Menghilangkan lemak perut secara alami merupakan proses yang membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru