Apa Sebab Anda Menguap?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang mengira bahwa menguap disebabkan karena Anda kurang tidur. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa menguap mungkin disebabkan oleh berbagai hal berbeda dan memiliki berbagai fungsi yang berbeda pula.

Para peneliti, melansir Foxnews, menduga bahwa menguap sebenarnya merupakan suatu cara tubuh Anda untuk membuat otak Anda tetap waspada di saat stres. Menguap sebenarnya dipicu oleh berbagai perubahan kimiawi di dalam otak, yang biasanya berlangsung selama sekira enam detik dan dapat berulang. Untuk menyanggah berbagai keyakinan mengenai mengapa seseorang menguap dan mengapa menguap menular, para peneliti pun sedang mengamati apa saja yang terjadi di dalam otak saat menguap.

Banyak orang mengira, menguap merupakan salah satu cara tubuh untuk memperoleh lebih banyak oksigen yang diperlukan oleh otak dan bahwa rasa empati merupakan penyebab mengapa menguap menular.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa menguap sebenarnya lebih sering terjadi saat cuaca panas (musim panas). Para peneliti juga menemukan bahwa bayi dan orang yang menderita autisme atau skizofrenia tidak mudah tertular kegiatan menguap ini. ** Baca juga: Cara Jerawat Beritahu Kondisi Kesehatan Anda

Untuk itu, para peneliti saat ini masih melakukan penelitian mengenai apa sebenarnya penyebab dari menguap dan mengapa menguap menular.(ilj/bbs)