oleh

Apa Sebab Anda Mendadak Mengalami Bau Badan?

Kabar6-Pernahkah Anda merasa tubuh tiba-tiba menjadi berbau tidak sedap? Apa yang sebenarnya telah terjadi? Gejala tak biasa ini biasanya hanya berlangsung sementara, dan stres dapat menjadi penyebabnya.

Tubuh manusia, melansir womenshealthmag, sebenarnya memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar keringat yang terletak di seluruh tubuh, akan mengeluarkan keringat tidak berbau saat tubuh perlu menurunkan suhu tubuh.

Sementara kelenjar apokrin, yang terutama terletak di daerah ketiak, akan menjadi overaktif saat Anda merasa cemas dan mengeluarkan keringat kaya lemak dan protein, yang bila bercampur dengan bakteri pada permukaan kulit Anda akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penyebab lainnya adalah makanan. Bila Anda tidak sedang merasa stres, tetapi entah mengapa bau badan menjadi tidak sedap, maka makanan tertentu mungkin adalah penyebabnya.

Rempah-rempah seperti kari dan bawang putih, dan sayuran seperti bawang Bombau, Brussels sprout, dan asparagus dapat mengeluarkan komponen seperti sulfur ke dalam kelenjar keringat Anda, yang membuat keringat berbau apek atau pesing 6-12 jam setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya? Bila bau badan Anda berhubungan dengan stres, maka biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda tidak stres lagi. Gunakanlah antiperspirant atau deodorant yang mengandung aluminum zirconium tetrachlorohydrex gly 19-20 persen.

Sementara itu, bila bau badan menyengat yang Anda alami terjadi karena makanan, maka hentikan konsumsi berbagai jenis makanan tersebut, dan perbanyaklah konsumsi buah. ** Baca juga: Begini Pengaruh Sejumlah Nutrisi Terhadap Kulit

Sebuah penelitian baru yang dilakukan di Australia menemukan, orang yang mengonsumsi lebih banyak buah biasanya memiliki keringat yang berbau lebih baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru