oleh

Apa Sebab Air Mata Keluar Saat Potong Bawang?

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, memotong bawang akan membuat kita ‘menangis’ atau mengeluarkan air mata. Termasuk juga membuat mata menjadi perih. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Saat Anda mengiris bawang, melansir healthmeup, Anda memecah sel di dalamnya, sehingga membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini tercampur dengan enzim dan kemudian menghasilkan gas, disebut propanethiol D-oxide. Saat gas ini mencapai mata kita dan tercampur dengan air di dalam mata kita, maka terbentuklah asam sulfurik.

Nah, asam sulfurik inilah yang akan membuat mata terasa perih dan menghasilkan air mata keluar. Semakin banyak air mata yang diproduksi, semakin banyak juga asam yang dihasilkan, sehingga semakin lama dapat menyebabkan iritasi. Dengan memasak bawang akan membuat enzim menjadi tidak aktof dan mata kita kembali bormal.

Ada beberapa cara untuk menghindari mata perih atau mengeluarkan air mata. Memotong bawang di dekat atau di bawah air mengalir akan membuat gas dari bawang terserap air yang mengalir dan tidak mengenai mata.

Cara lain, dengan mendinginkan bawang akan memperlambat pelepasan asam dari bawang. Hal yang diingat, bawang tersebut tidak perlu sampai beku, hanya dinginkan dalam frezeer selama 10-15 menit. ** Baca juga: Sejumlah Tanda yang Tunjukkan Anda Alami Stres

Chef profesional menyarankan untuk memotong bawang lebih cepat sehingga gas dari bawang tidak sempat masuk ke dalam mata. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru