oleh

Apa Saja yang Mendapat Predikat ‘Makanan Terburuk’ di Asia Tenggara?

Kabar6-Ada banyak kuliner lezat yang ditawarkan sejumlah negara di Asia Tenggara, dengan olahan sekaligus bumbu yang khas. Negara seperti Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Laos masuk dalam wilayah Asia Tenggara yang jadi ‘surga’ para turis backpacker dari berbagai negara.

Ya, negara-negara tadi memiliki kuliner eksotik yang cukup menantang. Meskipun begitu, ada beberapa makanan yang diberi predikat sebagai ‘makanan terburuk’ di Asia Tenggara. Melansir Detikfood, berikut lima makanan terburuk di Asia Tenggara:

1. Sup Semut, Laos
Hidangan ini dikenal dengan nama Gaeng Kai Mot Daeng yang artinya sup telur semut. Namun hidangan sup semut ini disebut sebagai salah satu makanan terburuk di Asia Tenggara, karena tampilannya yang menyeramkan, dan terdiri dari ratusan semut hidup serta merangkak keluar dari kuah sup.

Bagian luar dari sup terlihat putih karena menggunakan butiran telur semut yang mirip seperti nasi putih. Meski bagi sebagian orang makanan ini dianggap menyeramkan, orang-orang di Laos percaya bahwa sup semut ini memiliki banyak protein sehat.

2. Prahok, Kamboja
Prahok merupakan olahan makanan dari fermentasi ikan yang aroma amisnya cukup menyengat. Prahok ini mirip seperti sambal di Indonesia, digunakan dalam banyak masakan dan jadi hidangan pelengkap.

Prahok disebut sebagai salah satu makanan terburuk di Asia Tenggara karena rasanya yang asin dengan aroma amis. Karena hasil fermentasi tekstur dari ikan ini mirip seperti pasir, sedikit hambar sehingga membuat beberapa turis kurang menyukai prahok.

Hidangan ini dibuat dari ikan Trey Riel, dan dulu bahkan pernah menjadi mata uang karena nilainya yang sangat penting. Hingga saat ini, prahok masih menjadi makanan sehari-hari di Kamboja, bahkan banyak yang menjualnya dalam kemasan plastik sebagai oleh-oleh.

3. Con Trung Chien, Vietnam
Hidangan Con Trung Chien disebut sebagai salah satu makanan paling buruk di Asia Tenggara. Makanan ini merupakan serangga yang ditumis dengan berbagai bumbu.

Biasanya serangga yang dipakai cukup beragam antara lain jangkrik, lebah, hingga kalajengking. Semua serangga ini kemudian digoreng dan ditumis dengan bawang, jahe, dan lemon. Bagi kebanyakan orang Vietnam makanan ini sehat karena punya kadar lemak yang rendah dan kaya protein.

4. Pad Thai, Thailand
Menurut blogger travel ‘Sweet3Manggo’ ada makanan enak di Thailand yang justru menjadi makanan terburuk di Asia Tenggara. Hidangan Pad Thai bisa ditemukan di mana saja, tak hanya di Thailand bahkan di seluruh dunia.

Pad Thai terdiri dari mie beras seperti kwetiau, campuran seafood, bawang, saus ikan, dan bubuk cabe. Namun makanan ini dicap buruk karena proses memasaknya yang sangat jorok dan berbahaya bagi kesehatan.

“Pad Thai merupakan salah satu makanan kaki lima paling jorok yang bisa kamu makan. Tekstur mie yang basah dibuat di pinggir jalan, dengan debu dari kendaraan yang lewat, lalu penjual Pad Thai yang tidak menggunakan sarung tangan. Jadi selain rasanya yang biasa saja, Pad Thai juga tidak sehat untuk kamu,” kata blogger tersebut.

5. Balud dan Bolinao, Filipina
Berbeda dengan negara tetangga lainnya, semua makanan di Filipina dicap punya rasa yang hambar dan tidak enak. Salah satu makanan yang paling dihindari oleh para turis ada Bolinao.

Jenis makanan ini merupakan camilan ikan kering mirip seperti ikan teri goreng, tapi aromanya lebih menyengat bahkan lebih parah dari aroma durian. Kemudian ada balut, hidangan ekstrem yang memicu pro dan kontra.

Balut merupakan makanan yang berisi embrio bebek atau ayam yang masih berusia 11 hari. Tapi di Filipina makanan ini mirip seperti batagor atau siomay, dijual menggunakan gerobak atau di tenda kaki lima. ** Baca juga: Mendadak Tajir, Nelayan di Thailand Temukan Mutiara Termahal di Dunia

Penasaran mencoba?(ilj/bbs)

Berita Terbaru