oleh

Apa Saja Sih Kandungan Nutrisi dalam Sepiring Gado-gado?

Kabar6-Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia, berupa sayur-sayuran direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan dihaluskan, disertai irisan telur.

Banyak juga yang menambahkan dengan emping goreng atau kerupuk. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tetapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Apa saja sih nutrisi yang terkandung dalam gado-gado? Melansir sehatfresh, berikut kandungan gizi yang ada dalam satu porsi gado-gado:

1. Tauge, tingkatkan kesuburan
Dalam tauge ini terdapat vitamin A,B kompleks, C,E serta mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, serat, folat, asam amino dan protein.

2. Kentang, untuk kulit
Selain karbohidrat, kentang mengandung nutrisi lengkap karena memiliki kandungan vitamin C, B-Kompleks, kalium, magnesium, zinc serta fosfor yang bagus untuk kulit.

3. Kangkung, kaya zat besi
Kangkung kaya akan zat besi dan sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi.

4. Tahu, protein nabati terbaik
Tahu adalah protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna tinggi (sebesar 85-98 persen). Dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung mengonsumsi tahu sebagai makanan pengganti protein hewani. Pada tahu terdapat protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium.

5. Tempe, sumber protein
Tempe mengandung sekira 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh, sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet binaraga dan fitness.

6. Telur, bagus untuk otak
Telur mengandung 74 kalori, protein, lutein dan zeaxanthin dan vitamin D. Kuning telur merupakan salah satu sumber nutrisi kolin yang bagus untuk perumbuhan otak janin dan fungsi otak pada orang dewasa.

7. Timun, jaga tekanan darah
Timun juga mengandung kalori yang rendah, kalium yang tinggi, antioksidan, tinggi air rendah natrium untuk mencegah dehidrasi dan mengandung vitamin K. ** Baca juga: Cara Tepat Terapkan Diet Jus Buah

8. Pare
Pare mengandung zat lesichin untuk menangkal sel kanker. Juga mengandung protein alpha-momocharin atau MAP 30 membatasi perkembangan HIV, serat, vitamin C, kalium dan karoten bagus untuk pencernaan. Vitamin C-nya dapat memelihara kecantikan dari efek buruk sinar ultraviolet.

Perbanyak konsumsi sayuran agar kesehatan Anda senantiasa terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru