oleh

Apa Saja Pengaruh Konsumsi Minuman Beralkohol pada Kulit?

Kabar6-Sebagian orang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, entah itu saat berkumpul dengan teman-teman dalam sebuah acara, kongkow di kafe, atau memang menyediakan jenis minuman itu di rumah.

Di sisi lain, mengonsumsi minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah berlebihan tentu saja tidak baik dari segi kesehatan. Selain menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, juga merusak kulit.

Apa saja efek alkohol pada kulit? Melansir Womenshealthmag, semua alkohol menyebabkan dehidrasi pada kulit. Selain itu, konsumsi alkohol menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal dan tidak segar di pagi hari setelah Anda meminumnya. Seiring dengan waktu, kulit akan kehilangan elastisitas dan timbul keriput karena kurangnya hidrasi.

Alkohol menyebabkan gangguan pada aliran oksigen ke seluruh tubuh Anda. Selain itu, alkohol memiliki dampak negatif pada kadar vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kulit dan tubuh, dan sangat penting dalam regenerasi sel-sel baru. Vitamin A juga sangat penting dalam produksi kolagen.

Apabila kadar kolagen dalam tubuh rendah, maka Anda akan kehilangan elastisitas pada kulit. Kolagen dan elastisitas menjaga kulit tetap kenyal, kencang, dan tampak muda. ** Baca juga: Rokok Sebabkan Kerutan pada Kulit?

Pada dasarnya, Anda akan kehilangan kolagen dan elastin seiring pertambahan usia. Kulit wajah Anda begitu halus dibandingkan dengan area lain dari tubuh, sehingga lebih rentan menjadi keriput.

Jadi, apabila Anda minum alkohol secara berlebihan, maka akan mempercepat proses penuaan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru