oleh

Apa Saja Manfaat Likopene Bagi Kesehatan?

Kabar6-Likopene merupakan senyawa karetenoid yang memberikan warna kuning tua hingga merah pada beberapa buah-buahan dan sayuran. Likopene juga dikenal memiliki efek antioksidan, sehingga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai risiko penyakit, seperti penyakit jantung, aterosklerosis, dan kanker.

Apa saja sih manfaat lain dari likopene? Melansir healthdiaries, berikut uraiannya:

1. Cegah kanker
Pada berbagai penelitian, para ahli menduga bahwa likopene berhubungan dengan penurunan risiko terjadinya kanker paru dan kanker prostat. Berdasarkan berbagai penelitian, likopene telah terbukti dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas pada berbagai sel-sel tubuh dan DNA, yang merupakan salah satu faktor resiko utama terjadinya kanker.

Selain itu, likopene juga merupakan suatu antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat stress oksidatif dan membantu meningkatkan kekuatan membran sel yang dapat melindungi sel dari berbagai bahaya lainnya.

2. Bantu jaga kesehatan jantung
Likopene dapat mencegah terjadinya stres oksidatif pada kolesterol LDL, yang juga membantu mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah dan penyumbatan pada pembuluh darah akibat terbentuknya bekuan darah sehingga juga dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Bantu jaga kesehatan tulang
Likopene juga turut berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Sebuah penelitian menemukan bahwa likopene dapat membantu mengurangi proses stress oksidatif di dalam tulang sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada wanita pascamenopause.

4. Jaga kesehatan kulit
Mencegah terjadinya proses stress oksidatif juga dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah pembentukan kerutan pada kulit. Selain itu, likopene juga berfungsi sebagai tabir surya alami yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar UV.

5. Jaga kesehatan mata
Pada berbagai penelitian, para ahli juga telah menemukan bahwa likopene juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada mata akibat proses penuaan seperti degenerasi makula dan katarak.

6. Tingkatkan kesuburan pria
Para ahli menduga bahwa likopene dapat membantu meningkatkan jumlah sperma pada pria yang memiliki tingkat kesuburan yang rendah. ** Baca juga: 5 Makanan yang Ternyata Tinggi Serat

7. Cegah terjadinya diabetes
Meskipun terdapat berbagai penelitian dengan hasil yang saling bertentangan, likopene diduga dapat membantu mencegah terjadinya diabetes. Selain itu, likopene juga dapat membantu mengatasi berbagai gejala diabetes tipe 2.

Buah dan sayur yang mengandung likopen yaitu tomat, jeruk Bali, wortel, atau pamelo, semangka, pepaya, dan jambu biji.(ilj/bbs)

Berita Terbaru