oleh

Apa Saja Fakta Menarik Tentang Kentut?

IlustrasiKabar6-Buang angin atau kentut adalah peristiwa keluarnya gas melalui dubur akibat akumulasi gas dalam perut (terutama dari usus besar atau kolon). Kentut kadang keluar tanpa diduga, dan umumnya mengeluarkan bau yang tidak sedap.

 

 

Ada beberapa fakta unik tentang kentut yang menarik untuk disimak:

 

1. Kentut memiliki komposisi yang terdiri dari 59% Nitrogen, 21% Hidrogen, 9% Karbon Dioksida, 7% Metana, dan 4% Oksigen. Kandungan tersebut dapat membuat bahan bakar.

 

2. Kentut berasal dari sulfur-sulfur makanan yang kita santap dan terkadang berasal dari gas darah yang merembes ke dalam usus.

 

3. Bau busuk yang dihasilkan oleh kentut disebabkan oleh zat sulfur makanan yang kita makan setiap hari, seperti kacang-kacangan dan keju.

 

4. Kentut memiliki kecepatan yang sangat signifikan yaitu 1 kaki per detik atau 1098 km/jam. Meskipun tergolong cepat, anehnya kita baru bisa mencium bau kentut sekitar 10-15 detik setelah keluar.

 

5. Rata-rata setiap orang kentut sebanyak 14 kali dalam sehari. Jika ditotal selama enam tahun sembilan bulan, sama dengan kandungan bom atom.

 

6. Kentut yang sering membuat kita malu, ternyata mengandung zat-zat yang mahal apabila dijual.(ilj)

**Baca juga: Nama yang Membawa Kesialan Bagi Pemiliknya.

Berita Terbaru