oleh

Apa Saja Bahan Makanan yang Bisa Jadi Antibiotik Alami?

Kabar6-Antibiotik adalah kelompok obat yang digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh.

Nah, tahukah Anda, ternyata ada bahan makanan yang bisa menjadi antibiotik alami, lho. Konsumsi antibiotik alami ini untuk menjaga kesehatan maupun mengatasi penyakit. Melansir berbagai sumber, ini bahan makanan yang dimaksud:

1. Madu mentah
Madu mentah ternyata bisa melawan infeksi dan tidak membuat bakteri jadi resisten. Misalnya madu manuka, yaitu madu asli dari New Zealand yang bermanfaat untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, madu ini juga memiliki manfaat kesehatan

Madu manuka mengandung senyawa antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Madu ini bisa digunakan sebagai salep yang dioleskan atau diminum untuk menyembuhkan dari dalam.

2. Bawang putih
Mengandung sulfur dan allicin tinggi membuat bawang putih mampu membunuh berbagai jenis bakteri. Sebagai antibiotik alami, bawang putih membantu membersihkan sinus, membantu meredakan efek selesma, flu, dan sakit gigi.

3. Kayu manis
Membantu menurunkan gula darah pada orang dewasa yang punya kecenderungan diabetes. Senyawa antibiotiknya membantu mengatasi infeksi jamur.

4. Bawang merah
Bawang merah mampu mengurangi nyeri dan peradangan, juga penyakit seperti selesma dan flu.

5. Makanan yang difermentasi
Kimchi, acar, yoghurt, kefir, teh kombucha, juga tempe, juga merupakan bahan makanan yang bisa menjadi antibiotik alami. Kandungan probiotiknya baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Bakteri baiknya akan membantu melawan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh.

6. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan antijamur dan antiperadangan yang baik untuk oil pulling. Ini salah satu teknik Ayurveda yang menggunakan minyak nabati sebagai obat kumur. Manfaatnya untuk membersihkan rongga mulut, mencegah sariawan, memutihkan gigi, hingga mencegah jerawat.

7. Jahe
Sejak dulu jahe biasa digunakan untuk mengatasi batuk-pilek. Juga bagus untuk mengatasi perut yang mulas, mual, serta untuk merawat nyeri otot dan sendi. Hal yang perlu diingat, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi jahe secara berlebihan. ** Baca juga: Bagaimana Cara Hitung Jumlah Protein yang Tepat Saat Sarapan?

Antibiotik yang mudah dan murah, bukan? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru