oleh

Apa Penyebab Seseorang Sering Mengalami Dejavu?

Kabar6-Dejavu adalah perasaan berada dalam situasi atau lingkungan yang sama sekali baru, tetapi rasanya pernah mengalami hal serupa sebelumnya. Atau Anda merasa familiar dengan kondisi sekitar, seolah-olah sudah pernah mengalami hal tersebut dengan keadaan yang persis sama. Padahal, apa yang sedang Anda alami sekarang mungkin adalah pengalaman pertama Anda.

Kondisin ini bisa berlangsung 10-30 detik, dan lebih dari satu kali. Jika ini terjadi pada Anda, tidak perlu panik, karena berdasarkan review pada 2003 dari jurnal Psychological Bulletin, sekira dua dari tiga orang di dunia pernah mengalami dejavu sekali atau selama beberapa kali dalam hidupnya.

Karena dejavu merupakan sebuah pengalaman yang subjektif, maka para peneliti sulit untuk mencari tahu apa sebenarnya dejavu itu. Namun menurut para peneliti, melansir Health, dejavu terjadi karena beberapa hal berikut:

1. Merasa familiar dengan tempat baru
Beberapa peneliti percaya, dejavu terjadi ketika Anda pergi ke tempat atau melewati momen yang mirip dengan kejadian lalu. Misalnya, Anda mengalami dejavu ketika masuk ke lobi hotel, yang memiliki desain ruangan yang mirip dengan ruang tamu rumah Anda.

2. Orang yang sering bepergian
Mereka yang suka bepergian (travelling) dan orang yang ingat akan mimpinya, cenderung mengalami dejavu, dibanding mereka yang berdiam di rumah dan tidak ingat akan mimpi mereka.

3. Gangguan pada otak
Para penderita temporal lobe epilepsy, biasanya mengalami dejavu sebelum mereka mengalami kejang-kejang. Para ahli menuturkan kemungkinan dejavu disebabkan oleh gangguan pada neuron di dalam otak.

Selain itu, dejavu juga mungkin terjadi akibat otak yang kesulitan memproses berbagai macam informasi. ** Baca juga: Tidur Tidak Nyenyak Bisa Jadi Disebabkan Makanan dan Minuman yang Anda Konsumsi

Pernahkah Anda mengalami dejavu?(ilj/bbs)

Berita Terbaru