oleh

Apa Manfaat Bangun Pagi Tanpa Bantuan Alarm?

Kabar6-Sebagian orang membutuhkan bantuan alarm agar bisa bangun pagi. Sebaliknya banak yang tidak memerlukan alarm untuk dapat bangun dari tidur nyenyak.

Survei komprehensif yang dilakukan oleh blog konten kesehatan tidur bernama Each Night kepada 1.040 peserta, melansir Womantalk, menemukan bahwa orang yang terbiasa bangun pagi tanpa alarm memiliki beberapa keuntungan. Apa saja manfaat yang didapat?

1. Merasa lebih segar sepanjang hari
Orang yang bangun secara alami, 10 persen lebih mungkin merasa segar di siang hari daripada peserta yang menggunakan alarm untuk bangun. Mereka juga melaporkan memiliki waktu lebih singkat untuk merasa segar saat bangun, daripada orang yang membutuhkan alarm.

Ini kemungkinan disebabkan oleh fenomena yang disebut inersia tidur, yaitu rasa pening yang dirasakan beberapa menit hingga beberapa jam setelah bangun tidur.

Hal ini masuk akal karena dibandingkan dengan bangun secara alami, dibangunkan dengan alarm mungkin membuat tubuh dan otak membutuhkan waktu lebih lama untuk merasa benar-benar terjaga karena tubuh sebenarnya jelas belum siap untuk bangun.

2. Suasana hati lebih baik
Hasil survei menemukan, 80 persen orang yang bangun pagi secara alami melaporkan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi, suasana hati yang lebih positif, motivasi yang lebih baik untuk aktif, dan mendapatkan hasil maksimal dari hari mereka.

3. Lebih sering membuat pilihan lebih sehat
Orang yang tidak membutuhkan bantuan untuk bangun pagi juga merupakan orang yang paling mungkin makan sarapan sehat. Ini kemungkinan disebabkan karena mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan atau membuat menu sarapan sehat.

Mereka yang bangun secara alami juga melaporkan berolahraga lebih banyak setiap minggunya dibandingkan dengan yang bangun mengandalkan alarm.

4. Bekerja lebih termotivasi dan produktif
Keuntungan lain bangun pagi tanpa alarm adalah paling tidak mungkin muncul terlambat ke kantor. Selain itu, mereka juga cenderung merasa lebih fokus, termotivasi, dan berpikir jernih di siang hari saat bekerja.

Sementara orang yang menggunakan alarm agar bisa bangun pagi cenderung lebih sering telat dan dan ditegur atasan karena kurang produktif. ** Baca juga: Tidak Disarankan Simpan Roti dalam Kulkas?

Jadi, Anda tipe yang harus memakai alarm atau sebaliknya? (ilj/bbs)

Berita Terbaru