oleh

Apa Itu Diet Air Putih?

Kabar6-Memiliki berat badan ideal tentu menjadi impian tiap orang. Sayangnya, banyak orang percaya bahwa hal itu hanya bisa didapat dengan melakukan diet ketat dan olahraga berat.

Padahal, tanpa diet ketat dan olahraga berat pun Anda bisa mendapatkan berat badan ideal, lho. Bagaimana caranya? Melansir Kawaiibeautyjapan, berikut empat langkah menurunkan berat badan dengan diet air putih:

1. Tingkatkan konsumsi air putih di siang hari
Di masa produktif ini, tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak mengonsumsi air putih ini tak hanya baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, minum air putih siang hari juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan mengatasi kulit kering.

Selain itu, jika mengonsumsi air putih di siang hari, secara tidak langsung Anda akan mengurangi konsumsi minuman berkalori seperti teh, kopi, smoothies, atau minuman bersoda.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan air putih, maka ginjal tidak akan berfungsi dengan baik dan tugasnya akan dilimpahkan ke hati. Padahal hati sendiri bertugas untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Tapi jika hati menggantikan peran ginjal, maka lemak yang harusnya habis terbakar akan disimpan dalam tubuh. Inilah sebenarnya penyebab kegemukan yang umum.

2. Minum 2 gelas air sebelum makan
Di antara berbagai macam trik diet, minum air dua gelas sebelum makan ini adalah trik paling efektif untuk mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya, saat mengonsumsi dua gelas air sebelum makan, maka Anda akan merasa kenyang dan bisa mengurangi makanan yang akan dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih satu jam setelah makan. Hal ini sangat baik untuk membantu proses pencernaan.

3. Kurangi konsumsi makanan & minuman manis
Kalori dalam minuman inilah yang secara tidak sadar akan menyebabkan kegemukaan. Memang banyak minuman manis yang mengklaim bahwa produknya bebas kalori, tapi banyak di antaranya yang masih menggunakan pemanis buatan, yang tentu saja tetap mengandung kalori. Hal ini akan menimbulkan efek negatif pada metabolisme tubuh.

4. Kurangi konsumsi garam
Penelitian membuktikan, mengurangi konsumsi garam bisa menurunkan berat badan secara efektif, apalagi jika hal ini diiringi dengan meningkatkan konsumsi air putih harian.

Mengurangi konsumsi garam ini pun bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi garam sama sekali, hanya perlu mengontrol konsumsi garam saja agar tidak sampai lebih dari dua sendok teh setiap harinya. Hindari mengonsumsi buah dan sayuran beku karena biasanya proses pengawetannya juga menggunakan banyak garam. ** Baca juga: Waktu yang Tidak Dianjurkan untuk Minum Kopi

Mudah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru