oleh

Apa Alasan Sebaiknya Makan Kurma Terlebih Dulu Saat Buka Puasa?

Kabar6-Salah satu buah yang paling dicari selama bulan Ramadan adalah kurma. Ya, tentu saja karena kurma menjadi hidangan sunnah untuk berbuka puasa. Mengapa makan kurma disarankan terlebih dulu saat berbuka puasa?

Mengonsumsi kurma, melansir organicfacts, merupakan cara pengaturan yang sangat teliti karena puasa itu mengosongkan perut dari makanan sehingga liver (hati) tidak mendapatkan suplai makanan dari perut, dan tidak dapat mengirimnya ke seluruh sel-sel tubuh. Padahal, rasa manis merupakan sesuatu yang sangat cepat meresap dan paling disukai liver (hati), apalagi kalau dalam kondisi basah.

Setelah itu, liver pun memproses dan melumatnya serta mengirim zat yang dihasilkannya ke seluruh anggota tubuh dan otak. Ketika puasa Ramadan yang berlangsung berjam-jam di siang hari, tubuh dapat mengalami masalah kesehatan ringan seperti sakit kepala, gula darah rendah, dan kelesuan.

Untuk menghindari masalah seperti itu, kita harus dengan cermat memperhatikan pola makan, terlebih saat buka puasa. Diketahui, kurma merupakan sumber serat, gula, magnesium, kalium, dan karbohidrat yang sangat baik yang akan membantu tubuh menjaga kesehatan.

Karbohidrat yang ditemukan dalam kurma juga membuat buah lebih lambat mencerna makanan, jauh lebih baik ketimbang makanan yang digoreng atau berlemak, yang mencerna dengan cepat dan membuat orang lapar lebih cepat.

Selain rasanya yang nikmat dan mengandung hal baik bagi tubuh, kurma juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya membantu menenangkan mabuk dengan cepat, membantu pergerakan usus yang sehat dan mengontrol diare, dan menyembuhkan disoder usus.

Kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan energi untuk pasien anemia dan meningkatkan stamina seksual, meningkatkan kesehatan sistem saraf, memperkuat tulang, mengurangi reaksi alergi, serta membantu menurunkan berat badan. ** Baca juga: Dalam Kondisi ‘Darurat’, Ini Jenis Makanan yang Bisa Dijadikan Stok Saat Sahur

Jadi, jangan lupa berbuka puasa dengan kurma dalam jumlah ganjil, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru