oleh

Apa Alasan Banyak Orang Lebih Banyak Beraktivitas Gunakan Tangan Kanan?

Kabar6-Sebagian besar orang di dunia, sekira 85-90 persen, menggunakan tangan kanan saat beraktivitas. Sementara tangan kiri digunakan hanya sebagai penunjang tangan kanan. Bahkan seluruh anggota tubuh sebelah kanan juga bekerja dengan cara yang sama.

Diketahui, pada awal perkembangannya, manusia berjalan dengan merangkak menggunaan empat kakinya. Kemudian, manusia mulai berevolusi dengan berjalan tegak dan hanya menggunakan kedua kakinya. Sementara, kedua tangan digunakan untuk mengerjakan tugas lain seperti membuat peralatan berburu, memasak, dan mencari makan berupa hewan dan tumbuhan.

Arkeolog dari University of Liverpool bernama Natalie Uomini, melansir nationalgeographic, mengatakan bahwa sejauh ini tidak ditemukan arkeologi yang menunjukkan adanya populasi manusia yang mayoritas menggunakan tangan kiri. Aktivitas yang dilakukan anggota tubuh manusia akan dikontrol oleh otak, dan sebagian besar gerak tubuh di bawah kontrol otak kiri. Saraf otak sebelah kiri mampu menggerakan anggota tubuh sebelah kanan, seperti mata, tangan, kaki, dan lainnya. Begitupun sebaliknya, otak kananlah yang menggerakan tubuh sebelah kiri.

Beberapa ilmuan berpendapat bahwa cara kerja otak seperti itu juga berlaku pada tubuh binatang sejak setengah miliar tahun yang lalu. Hal ini dapat dilihat pada ikan, burung, dan katak yang lebih banyak menyerang mangsa yang dilihatnya pada mata sebelah kanan.

Meski kebanyakan orang menggunakan tangan kanan, orang yang menggunakan tangan kiri atau yang lebih dikenal dengan kidal juga banyak ditemui. Sebuah penelitian pada buletin psikologi pada 1977 menyebutkan bahwa orang-orang yang lebih sering menggunakan tangan kirinya saat beraktivitas ternyata memiliki kelebihan. ** Baca juga: Jangan Khawatir, Beberapa Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Tidak Bikin Gemuk

Seperti kemampuan pemulihan otak dari kerusakan, lebih cepat dari pada mereka yang menggunakan tangan kanan. Dengan melihat temuan di atas dan merunut waktu ke belakang, penggunaan tangan kanan juga kaki sebagai sisi organ tubuh yang dominan, dibentuk oleh evolusi yang dialami oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.(ilj/bbs)