oleh

AP II Tunda Pembangunan Rel Kereta Bandara

Kabar6-Terkait perbaikan jaringan saluran air dan listrik Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Cengkareng, Banten, PT Angkasa Pura (AP) II menghentikan sementara pembangunan rel kereta dari Tangerang menuju Bandara Soetta.

 

Menurut Presiden Direktur AP II, Budi Karya Sumadi, penghentian jalur ganda (double track) yang terbentang sejauh 36,3 km itu hanya bersifat sementara. ** Baca juga: PT Angkasa Pura II Kebut Pembangunan Terminal 3

“Pengerjaan (rel) memang ditunda, ada hal-hal yang harus didahulukan, seperti perbaikan jaringan air dan listrik. Oktober 2015 baru mulai lagi,” jelas Budi di Kantor AP II, Tangerang, Jumat (8/5/2015).

Alasan perbaikan infrastruktur saluran air dan kelistrikan, menurut Budi, memang krusial, sehingga tidak ada yang salah dari penundaan sementara proyek tersebut. Selain saat ini AP II juga fokus dalam penyelesaian pembangunan perluasan Terminal 3.

Target penyelesaian proyek kereta bandara diyakini Budi tetap sesuai target yaitu akhir tahun depan. Budi juga memastikan bahwa penundaan tersebut tidak memengaruhi anggaran mulai beroperasi.

Diketahui, untuk membangun proyek kereta bandara ini, AP II mendapat kredit bertenor 14 tahun senilai Rp1,4 triliun dari BRI, BNI, BCA, dan Mandiri . Nantinya moda transportasi ini akan dioperasikan PT Railink, yakni perusahaan patungan PT KAI dan AP II.(tmn/din)

Berita Terbaru