oleh

Antrean di Pelabuhan Merak Kian Panjang Usai Salat Jumat

Antrian masuk ke pelabuhan Merak.(foto:tmn)

Kabar6- Sejak malam hingga siang ini, antrian diluar Pelabuhan Merak masih terjadi meski telah berkurang. Setidaknya, dalam kurun waktu satu malam saja, sebanyak 173.775 penumpang telah diberangkatkan menuju Pelabuhan Bakauheni.

“Karena memang volume saja, skenario kita sudah kita jalanin, cuma karena volumenya tinggi maka terjadi kepadatan,” kata Mario Sardadi Oetomo, Kepala Humas PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Jum’at (23/06/2017).

Pihak PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak mengkhawatirkan jika setelah Sholat Jum’at pemudik akan kembali memadati Pelabuhan Merak yang akan menambah panjang antrian diluar pelabuhan.

“Karena malam kita prediksi akan ada lagi kepadatan, nanti jangan sampai nyambung. Kita prediksi semua terurai,” terangnya.

Meski sempat beredar terjadinya antrian kapal di tengah laut yang memanjadi salah satu penyebab panjangnya antrian diluar pelabuhan, Mario menampiknya. Termasuk pun pemisah lajur kendaraan roda dua yang akan masuk ke Dermaga VI dengan kendaraan roda empat atau lebih menuju dermaga lainnya yang menjadi biang kemacetan di Pelabuhan Merak ditampik nya.

“Pengurairannya (sepeda motor) kita sebar ke beberapa dermaga, kita pengen motor ini kita alihkan ke beberapa dermaga, akan tetapi kedatangan pemotor di dermaga VI,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Merak, kendaraan pemudik roda dua yang berada di Dermaga VI di pecah ke Dermaga I sampai III guna menghindari mengikatnya antrian hingga keluar Dermaga. Sedangkan jalan Cikuasa Atas telah diberlakukan sistem buka tutup guna mengurangi antrian kendaraan di dalam dan menuju gerbang masuk Pelabuhan Merak.

Berdasarkan data terbaru dari Pelabuhan Merak, Banten, pemudik yang telah melintas sejak malam tadi untuk penumpang berjumlah 173.775 orang, ke daratan roda dua berjumlah 21.263 unit, kendaraan kecil 16.952, bus 686, dan truck 470 unit. Kapal yang di operasikan sebanyak 36 unuit yang telah melakukan 138 trip perjalanan 

Sedangkan di waktu yang sama pada ditahun 2016, kapal yang di operasikan berjumlah 29 unit yang melakukan 111 perjalanan dengan penumpang yang di antar menuju Pelabuhan Bakauheni berjumlah 140.684 orang, 14.727 roda dua, 639 bus dan 449 truck.(tmn)

Berita Terbaru