oleh

Antrean Kendaraan di Pelabuhan Merak Nyaris Ricuh

Kabar6-Kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, mulai nampak. Bahkan di Dermaga I, sempat terjadi kericuhan antar sopir, karena saling berebut untuk masuk ke dalam kapal Roll On-Roll Off (Roro).

Setidaknya, PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, memprediksi puncak penyeberangan libur Natal terjadi malam ini, Jumat 22 Desember 2017, hingga Sabtu 23 Desember 2017.

“Ada kenaikan 10 persen dibanding tahun lalu. Penumpang bisa sampai 15 ribu pejalan kaki, (total) 100 ribu (penumpang) di dalam kendaraan,” kata Rudy Mahmudi, Manager Pemasaran PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Jum’at (22/12/2017).

Kapal yang beroperasi di pelabuhan Merak memiliki kapasitas antara empat ribu sampai 15 ribu Gross Ton (GT). Dengan 33 buah kapal yang berlayar saat puncak libur natal.

“Rata-rata per kapal bisa mengangkut 100-150 unit kendaraan roda empat, penumpang bisa mengangkut 500-1000, motor per kapal bisa mengangkut 300-500 unit,” terangnya.

Untuk kondisi cuaca malam ini aman untuk dilakukan pelayaran, dengan kenaikan empat persen dibandingkan hari biasa.**Baca Juga: Pelabuhan Merak Padat, Truk Dilarang Masuk.

“Untuk cuaca, sekarang masih posisi aman. Peningkatan ada empat persen,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, diluar pintu gerbang Pelabuhan Merak, terlihat antrian kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa ini.(dhi)

Berita Terbaru