oleh

Antisipasi Kecurangan, Pemprov Banten Gelar Simulasi Test CPNS

Kabar6-Demi mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya kecurangan dalam test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hari ini, Jumat (24/10/2014), Pemerintah Provinsi Banten menggelar simulasi test CPNS.

Simulasi digelar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang terhubung dengan jaringan internet.

“Hampir tidak ada celah bermain dalam proses ini,” kata Kepala BKD Provinsi Banten, Kurdi Matin, saat meninjau simulasi test CPNS.

Test CPNS ini di anggap paling aman, karena prosesnya terkoneksi langsung melalui jaringan internet. Saat peserta selesai mengerjakan soal, nilai peserta bisa terlihat saat itu juga. Apakah peserta lulus atau tidak.

“Ada seratus dua puluh enam unit komputer disiapkan. Setiap hari, dilakukan sebanyak tiga sesi test. Dan, itu berlangsung selama tujuh hari dengan jumlah lima ribu seratus lima peserta test CPNS,” ujarnya.

Sedianya, proses simulasi massal ini hanya dilakukan sekali. Dan, bagi peserta CPNS yang belum mengikuti atau ingin mengikuti simulasi, bisa datang ke kantor BKD Provinsi Banten, untuk mengikuti test secara individu.

Simulasi ini juga mendapatkan respon positif dari para peserta yang di anggap mampu memberikan gambaran bagaimana test sesungguhnya. Sehingga, kesiapan para peserta lebih matang lagi. **Baca juga: Wanita Gila Setengah Bugil Hebohkan Kantin Pemkab Tangerang.

“Dibilang mudah ya mudah, kesulitannya kita dikejar sama waktu. Kalau test lewat on line, ga ada kecurangan,” kata Irna, peserta simulasi asal Kabupaten Pandeglang di sela-sela simulasi.(tmn/din)

Berita Terbaru