oleh

Antibodi Kuda akan Digunakan Sebagai Obat Corona?

Kabar6-Para ilmuwan di seluruh dunia masih terus mengusahakan vaksin dan obat untuk melumpuhkan virus Corona. Nah, sebuah penelitian terbaru yang melibatkan sejumlah ilmuwan di Kosta Rika, akan memulai uji coba pengobatan dengan menggunakan antibodi yang diambil dari kuda.

Antibodi kuda dianggap sebagai cara paling aman dan murah untuk mengatasi virus Corona. Sebelumnya, antibodi kuda juga telah digunakan untuk serum antibisa (racun) ular.

Para peneliti dari Clodomiro Picado Institute (ICP) Costa Rica University, melansir Independent, akan melakukan uji coba antibodi kuda terhadap 26 pasien positif COVID-19 pada pertengahan September ini. “Kami bangga mengetahui bahwa produk ini (antibodi kuda) akan menyelamatkan nyawa pasien hingga vaksin bisa benar-benar ditemukan. Antibodi kuda telah digunakan sebagai penangkal racun gigitan ular,” ungkap Alberto Alape, koordinator proyek antibodi kuda dari ICP.

Peneliti mengimpor protein virus dari Tiongkok dan Inggris. Mereka kemudian menyuntikkannya protein tersebut pada enam dari 110 kuda yang digunakan ICP untuk melakukan pengujian.

Saat kuda mengembangkan antibodi yang cukup beberapa minggu kemudian, para peneliti akan mengekstraksi darah kuda. Peneliti kemudian menggunakan antibodi dari plasma sebagai bahan mentah untuk serum yang akan disuntikkan pada pasien.

Jika berhasil, para peneliti berencana untuk membagi obat Corona yang terbuat dari antibodi kuda ini kepada negara-negara tetangganya di Amerika Latin. ** Baca juga: Seorang Pria India Sewa 4 Pembunuh Bayaran untuk Habisi Dirinya

Semoga segera ada kabar baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru