oleh

Anggarkan 10 Miliar: Kemenag Tangsel Dibangun Tahun 2013

Kabar6-Pada tahun 2013 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan segera membangun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) diwilayahnya.

Pasalnya, hingga saat ini Tangsel belum memiliki kantor Kemenag. Sedangkan proses pengurusan Agama bagi warga diwilayah itu masih menginduk pada kantor KemenagKabupaten Tangerang.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan pembangunan Kemenag
diwilayah itu dianggap mendesak,  karena masyarakat sudah cukup lama mengharapkan adanya kantor instansi  tersebut.

“Penyediaan lahan untuk pembangunan kantor instansi vertikal di Kota Tangsel menjadi prioritas pertama, karena keberadaan Kemenag tersebut sangat dibutuhkan masyarakat,” ujarnya Kamis (10/1/2013).

Menurut Airin, dengan adanya Kemenag di Tangsel, nantinya tentu dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus urusan berkaitan dengan kantor agama tersebut.

Bukan itu saja, keuntungan lain akan banyak didapatkan dan dirasakan oleh masyarakat, juga keperluan koordinasi yang lebih cepat untuk membuat program dengan Pemkot Tangsel.

“Pemkot Berharap dukungan masyarakat agar proses pembangunan kantor Kementerian Agama dapat terwujud,”ungkapnya.

Sementara, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Tangsel, H. Muhammad Subhi mengatakan, rencananya kantor tersebut akan dibangun tahun 2013.

“Insya Allah kita akan membangun Kantor Kemenag Kota Tangsel pada tahun 2013. Anggaran yang bersumber dari Kementerian Agama untuk pembangunan kantor tersebut sudah tersedia dan Pemkot Tangsel sudah menyiapkan lahannya,” ujarnya.

Sambung Subhi, perkantoran baru tersebut sudah diusulkan dianggaran APBD perubahan.Total untuk membangun perkantoran ini sebesar Rp 5 miliar sampai Rp 10 Miliar yang peruntukan bangunan fisik dan penyediaan lahan seluas 2000 meter, sampai 3000 meter persegi.

Lanjut Subhi, untuk proses asrama haji masih akan menginduk di kemenag Kabupaten Tangerang. “Proses pelaksanan haji nanti kemenag Tangsel masih akan menginduk di Kemenag Kabupaten Tangerang,” katanya.(Evan)

Berita Terbaru