oleh

Anggap Pemborosan, DPRD Kota Serang Dukung Pilkada Oleh Dewan

Kabar6-Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi mendukung wacana pemerintah pusat agar kedepan nantinya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bisa dipilih langsung oleh dewan pada daerahnya masing-masing.

Hal itu, kata Budi, untuk meminimalisir kos anggaran di daerah yang menggelar Pilkada. Sisi lain, melihat partisipasi pemilih dari tahun ketahun terus merosot.

“Harapannya agar dipilih dewan. Meminimalisir anggaran,” kata Budi, kepada Kabar6.com, Sabtu (16/11/2019).

Belajar dari pengalaman sebelumnya dan kejadian Pilkada di daerah lainnya di Provinsi Banten sendiri, sambung Budi, banyak daerah keteter mencarikan jalan keluarnya, satu sisi agaran pelaksanaan Pilkada didaerahnya bisa berjalan lancar. Namun, pembangun infrastruktur juga tetap harus berjalan.

“Contoh ya itu Kabupaten Pandeglang misalnya.(jelang Pilkada 2020,red), APBD dan PAD kecil, satu sisi Pilkada ingin lancar, namun pembangunan kebutuhan dasar masyarakat juga harus terus berjalan,” katanya.

Menurutnya, anggota dewan terpilih merupakan perwujudan nyata dari suara masyarakat yang sebelumnya telah memilih, sehingga Pilkada, kata dia, tidak harus diulang.

Sisi lain, lanjut Budi, pihaknya mengkritisi Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Banten kepada Kabupaten/kota se-Provinsi Banten yang jauh dari kata cukup dan harapan.

Menurutnya, pengajuan Bankeu dari Pemkot Serang kepada Pemprov Banten tahun 2020 kemarin saja mencapai Rp100 miliar, hal itu untuk mewujudkan jantung pusat ibu kota Provinsi Banten yang lebih indah.**Baca juga: Lama Berlalu, Pilkada Kota Serang Kembali Diseret-seret di Pilkada Serentak 2020.

Namun, kenyataanya Kota Serang hanya mendapatkan kurang dari separuhnya saja.(Den)

Berita Terbaru