oleh

Aneh Tapi Nyata, 5 Manusia yang Pernah Hidup Tanpa Jantung

Kabar6-Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri. Pada manusia, mamalia, dan burung, jantung dibagi menjadi empat ruas yaitu atrium atas kanan dan kiri serta ventrikel bawah kanan dan kiri.

Jantung merupakan pusat anatomi tubuh, memiliki pengaruh terbesar bagi kelangsungan makhluk hidup. Namun terdapat sejumlah peristiwa langka yang dialami lima orang di beberapa belahan dunia ini, di mana mereka bisa hidup tanpa jantung. Melansir kejadiananeh, ini lima orang yang dimaksud:

1. Jakub Halik
Jakub Halik, pria asal Cekoslovakia mengalami tumor ganas yang menggerogoti jantungnya hingga mengalami kerusakan permanen dan harus dibuang. Ia pun harus menjalani operasi pengangkatan jantung, dan dokter menggantikannya dengan dua pompa mekanik sambil menunggu proses transplantasi jantung.

Jakub Halik dapat bertahan hidup selama enam bulan meski akhirnya meninggal dunia, karena langkah pengobatan ini terkendala dengan penyakit tumor yang diderita. Selama menjalani pemulihan, Jakub tidak dapat mengonsumsi obat-obatan pemulih jantung karena tidak boleh bentrok dengan obat-obatan anti tumor yang dikonsumsi juga.

2. Craig Lewis
Craig Lewis (55) pernah bertahan hidup meski tanpa mempunyai jantung. Setelah dipasang alat pompa mekanik pengganti jantung, ia masih bisa menjalani kehidupan meski hanya beberapa minggu saja setelah operasi. Berkat kemajuan teknologi kedokteran, Craig Lewis dinobatkan sebagai manusia pertama yang berhasil hidup tanpa organ jantung di tubuhnya.

3. Christopher Cobun
Cobun adalah bayi yang dilahirkan dengan organ jantung berada di luar tubuhnya. Saat itu dokter memvonis hidup Cobun tidak akan bertahan lebih dari 12 menit saja. Tapi takdir berkata lain, lebih dari 19 tahun lamanya Cobun masih tetap sehat bugar, dan bisa menjalankan aktivitas normal seperti orang lain, seperti bermain basket.

Hanya saja untuk melindungi jantung sensitifnya, Cobun selalu memakai elemen plastik pelindung yang dipasang di dadanya.

4. Arpit Gohil
Remaja asal India berusia 18 tahun ini membuat heran teori medis kedokteran. Pasalnya, aktivitas Arpit Gohil jauh di atas orang-orang normal. Ia gemar memanjat kelapa, berlari-lari dan setiap hari selalu membantu sang ayah membajak sawah di ladang milik mereka.

Padahal ketika Gohil baru dilahirkan, jantungnya berada di antara tulang rusuk lambungnya, dan dokter sangat pesimis bayi tadi akan bertahan lama. Gohil yang menurut perhitungan hanya berusia beberapa hari tersebut ternyata hingga remaja masih baik-baik saja dan masih tetap sehat bugar.

5. Ryan Marquiss
Fenomena aneh Sindrom thoraco-abdominal atau yang dikenal juga Pentalogy of Cantrell dalam dunia medis kedokteran juga pernah menimpa Ryan Marquiss, bocah ajaib asal Pennsylvania, Amerika Serikat.

Pentalogy of Cantrell adalah kelainan langka pada saat bayi dilahirkan. Ditandai dengan kombinasi anatomi tubuh cacat, membran tipis di lapisan jantung serta letak organ tubuh yang tidak berada di tempatnya.

Sejak masih berada dalam kandungan sang ibu yaitu usia 12 minggu, dokter pernah menyarankan agar bayi Ryan digugurkan, karena hasil USG mendiagnosa kalau calon bayinya tersebut mengalami kelainan jantung.

Dia menderita ectopia cordis atau jantung berada di luar tubuh. Hanya di bagian jantung kirinya saja yang dapat berkembang normal.

Setelah berdiskusi dengan suaminya, mereka memutuskan untuk tetap melahirkan bayinya dan siap menerima resiko apapun nantinya. Benar saja setelah dilahirkan, Ryan menderita kelainan jantung, letaknya berada diantara ke dua dada. Namun berkat perawatan penuh kasih sayang dari kedua orangtuanya, Ryan bisa hidup normal. ** Baca juga: Kesal Kuda Miliknya Mati, Seorang Wanita Tembak Buaya yang Serang Hewan Peliharaannya Itu

Tidak ada yang mustahil tanpa seizin Yang Kuasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru