Aneh, Ada Gigi di Otak Seorang Bayi Usia 4 Bulan

Tampak gigi yang terdapat di otak seorang bayi.(Livescience)

Kabar6-Seorang bayi berusia empat bulan asal Maryland, Amerika Serikat, sepertinya menjadi orang pertama yang memiliki gigi di otak akibat tumor otak langka. Berdasarkan hasil scan, pada otak bayi laki-laki itu ditemukan sesuatu yang mirip gigi seperti di rahang bawah.

Dokter yang curiga karena ada ‘sesuatu’ pada kepala bayi tersebut lantas meminta untuk dilakukan pemeriksaan MRI. Dari situlah, dilansir Livescience, terlihat ada tumor besar berisi sesuatu yang tampak seperti beberapa gigi yang sudah terbentuk sempurna. Ahli bedah lantas melakukan operasi, dan mencabut tumor serta gigi.

Tumor yang dimiliki bayi tersebut, dikatakan dokter, adalah craniopharyngioma yang tumbuh lambat sebesar bola golf namun tak menyebar. Diduga, tumor ini terbentuk dari sel-sel yang sama terlibat dalam pembuatan gigi.

“Tidak setiap hari Anda melihat gigi di setiap jenis tumor di otak. Dalam craniopharyngiomas, ini jarang terjadi, kata Dr Narlin Beaty, ahli bedah saraf yang melakukan operasi bersama rekannya, Dr Edward Ahn.

Bayi tersebut kini harus menerima tiroid dan terapi hormon pengganti. Namun dokter mengatakan, kondisi bayi sudah menunjukkan kemajuan yang baik sejak dioperasi.

Diketahui, craniopharyngiomas umumnya mengandung endapan kalsium. Gigi telah ditemukan di otak manusia sebelumnya, tapi itu hanya pada tumor yang dikenal sebagai teratoma, yang unik di antara tumor karena mengandung tiga jenis jaringan, ditemukan dalam embrio manusia. Sebaliknya, craniopharyngiomas hanya memiliki satu lapisan jaringan.

Kasus bayi laki-laki ini, dikatakan Beaty, memberi lebih banyak bukti bahwa craniopharyngiomas memang berkembang dari sel-sel yang membuat gigi. Menurut National Cancer Institute, tumor ini paling sering didiagnosis pada anak-anak usia 5-14 tahun, dan jarang terjadi pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Beaty mengatakan, gigi tersebut dikirim ke ahli patologi untuk studi lebih lanjut. Umumnya, jenis sampel jaringan ini disimpan bertahun-tahun jika diperlukan penyelidikan lebih lanjut. ** Baca juga: Jadi Pasien Termuda, Cooper 3 Kali Operasi Ganti Kelamin

Bayi laki-laki itu sendiri dikabarkan dalam kondisi baik-baik saja.(ilj/bbs)