oleh

Andika Hazrumy Sebut Banyak Potensi Ekonomi Kreatif di Tangsel

Kabar6-Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy melihat geliat ekonomi kreatif di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah berkembang. Beragam jenis produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar domestik hingga mancanegara.

“Banyak, semua potensi ada di Tangsel,” katanya usai acara karang taruna di Balai Kota Tangsel, Jalan Raya Maruga Nomor 1, Serua, Kecamatan Ciputat, Rabu (1/12/2021).

Andika mencontohkan ekonomi kreatif model kerajinan, musik, craft, kuliner, fashion. Semua jenis sub sektor itulah yang memiliki potensi.

Hal itu, menurutnya, didukung letak geografis Kota Tangsel ini diberikan kemudahan akses menjadi daerah terdekat ibu kota Jakarta. Sehingga produk-produk ekonomi kreatif dapat dimanfaatkan menjadi go nasional ataupun internasional.

“Tinggal gimana sekarang pengembangan support keberpihakan pemerintah. Kalau craft dan UMKM dari pemerintah untuk bagaimana mengembangkan dan mensupport untuk meningkatkan kualitas dan mutu,” terang Andika.

Apa yang harus diperbaiki oleh pelaku usaha?. Pertama yang harus digagas oleh Karang Taruna adalah bagaimana mendorong regulasi keberpihakan terhadap potensi ekonomi kreatif di Kota Tangsel.

**Baca juga: Pemulihan Ekonomi di Tangsel, Wali Kota: Hotel Restoran Sangat Berperan

Karang taruna sebagai penggerak harus menyambungkan koordinasi dan komunikasi dengan industri perbankan. “Tadi kan rata-rata permasalahannya di modal. Sedangkan di usaha-usaha kecil UMKM tidak berbadan hukum, makanya difasilitasi oleh pengurus karang taruna di Tangsel yang jelas memiliki badan hukum untuk perbankan,” ujarnya.

“Bisa nanti dengan perbankan untuk permodalan, dengan dinas untuk program pelatihan, penguatan, penguatan produk, dan kualitas,” tambah politikus Partai Golkar itu.(yud)