oleh

Andika Desak Pemerintah Fokus Kembangkan Potensi Pertanian Banten

Kabar6-Pemerintah pusat dan daerah diharapkan lebih fokus untuk terus mengembangkan bidang pertanian di Banten. Pasalnya, Banten juga merupakan penumbang beras untuk tingkat nasional.

Demikian dikatakan anggota DPD RI asal Banten, H. Andika Hazrumy, disela acara dialog bersama ratusan petani di Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (20/8/2013).

Dalam dialog tersebut, terkuak fakta bahwa pada tahun 2013 ini produksi padi di Banten sebesar 1,9 juta ton gabah kering giling (GKG), atau meningkat hingga 57.149 ton dari produksi tahun sebelumnya.

“Berdasarkan rasio kebutuhan beras, bisa dikatakan kebutuhan masyarakat Banten tercukupi, bahkan surplus. Banten juga berkontirbusi hingga tiga persen atas produksi nasional atau berada di urutan ke-11 di Indonesia sebagai penyuplai produk nasional,” ujar Andika.

Merujuk fakta tersebut, Andika menilai sudah sepatutnya pemerintah terus fokus untuk memaksimalkan potensi yang besar pertanian di Banten.

“Untuk mencapai itu, tentunya dibutuhkan etos kerja petani yang tangguh serta tim penyuluh yang bisa mentransformasikan pengetahuan teknologi pertanian secara tepat guna kepada para petani,” katanya.

Andika yang saat ini terdaftar sebagai Bakal Calon Legislatif Daerah Pemilihan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak (Banten 1) itu juga berencana men-support Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT).

“SLPHT itu sangat penting. Oleh karenanya, saya akan berupaya mendorong Pemerintah Provinsi Banten untuk menambah kuotanya tahun depan,” ujar Kordintaro Tagana Banten itu lagi.(rani)

 

Berita Terbaru