oleh

Andika Desak Pembangunan Bandara Bansel Untuk Kawasan Ekonomi Khusus

Kabar6-Anggota  Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Banten, Andika Hazrumy mendesak Pemerintah Propinsi (Pemprov) Banten segera realisasikan infrastruktur penunjang untuk kawasan ekonomi khusus di Banten Selatan (Bansel).

“Selain pembangunan infrastruktur, saya juga mendesak Pemprov Banten agar bisa merealisasikan rencana pembangunan bandara di Banten Selatan,” ujar Andika, Selasan (4/12/2012).

Ketua Karang Taruna Banten ini mengklaim, bahwa study kelayakan atas keberadaan bandara di Banten Selatan kiranya sudah bisa dijadikan dasar untuk pemenuhan kawasan ekonomi khusus tersebut.

“Infrastruktur yang memadai akan bisa menopang perekonomian dan percepetan pembangunan di daerah Banten Selatan, seperti wilayah Tanjung Lesung Pandeglang serta Kabupaten Lebak,” katanya.

Menurut Andika, keberadaan bandara dipastikan bisa mendongkrak sektor perkembangan pariwisata di Banten, baik itu dari wisatawan domestik maupun manca negara.

“Perencanaan pembangunan bandara sudah di persiapkan Pemprov Banten. Bahkan, saya sendiri sudah melakukan study banding ke Bandara Koh Samui, Thailand, yang arealnya terbilang kecil namun tetap efektif mendongkrak pariwisata,” ujar Ketua Karang Taruna Banten itu lagi.

Dari hasil kajian yang dilakukan, kata Andika, lapangan Panimbang yang rencananya akan dibangun bandara juga cukup efektif. Karena diprediksi bakal bisa menampung hingga 5.000 penumpang setiap harinya.

“Pembangunan bandara itu juga sudah sesuai dengan program pemerintah melalui MP3EI, bahwa Tanjung Lesung, Pandeglang ditetapkan sebagai wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Dimana semua infrastrukturnya harus segera dibuat,” ujar Andika lagi.(rani)

Berita Terbaru