Ambil Foto Kertas Suara di TPS Lalu Disebarkan Bakal kena Sanksi Pidana

Ilustrasi.(Ist)

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membawa Telepon Selular (Ponsel) ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) lalu mengambil foto kertas suara saat pencoblosan. Jika hal itu dilakukan makan bisa terkena sanksi pidana.

“Surat suara itu sudah tidak rahasia lagi jika difoto lalu disebarkan. Berarti dia mengungkap kerahasiaan proses demokrasi, itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2017,” ungkap Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane menjelaskan, Jumat (20/4/2018).

Saat pencoblosan Pilkada Tangerang nanti, KPU pun mengantisipasi hal tersebut. Pihaknya akan membentuk Pengamanan Langsung (Pamsung) di tiap TPS pada hari pencoblosan. Selain mengamankan, Pamsung bisa mengamati dan memberi arahan kepada pemilih.**Baca Juga: Tiga Pemalsu Dokumen Sirip Hiu Ditangkap Polres Bandara Soetta.

“Saat pemilih mau masuk kita terangkan, ingatkan dan berikan arahan. Nanti akan kita siapkan tempat penitipan Ponsel, karena generasi milenial sekarang kan apa-apa difoto dan share foto. Jadi mulai sekarang kita ingatkan dan sosialisasikan, bahwa kerahasiaan pilihan itu mutlak,” tandasnya.(az/tmn)