oleh

Amankah Tidur Bersama Kucing atau Anjing Peliharaan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebuah survei di Amerika mencatat, sebanyak 50 persen anjing peliharaan tidur bersama dengan pemiliknya, dan 63 persen kucing peliharaan memiliki kebiasaan tidur di ranjang pemiliknya.

Penelitian dari Mayo Clinic pada 2015, dilansir Hello Sehat, menjelaskan mengapa banyak orang senang tidur bersama dengan binatang peliharaannya. Tidur dengan hewan peliharaan menimbulkan rasa aman pada beberapa orang. Hewan peliharaan menjadikan tempat tidur lebih hangat dan nyaman, membuat pemiliknya menjadi rileks dan merasa aman.

Orang-orang yang tinggal sendiri, atau mereka yang tidak dapat tidur bersama pasangannya karena alasan pekerjaan, mendapatkan manfaat yang besar ketika tidur bersama dengan hewan peliharaan.

Nah, sebelum Anda ingin mengajak tidur hewan peliharaan, ada baiknya terlebih dahulu memastikan bahwa mereka sudah divaksinasi. Termasuk juga memiliki jadwal rutin membersihkan kutu dan cacing ke dokter hewan.

Selain parasit, hewan peliharaan biasanya senang menjilat. Walau terasa menyenangkan dan menggemaskan, jilatan mereka dapat menyebarkan kuman. Jika Anda sedang terluka, atau sedang beristirahat di rumah setelah operasi, jauhkan dulu diri Anda dari binatang kesayangan Anda.

Disarankan agar Anda tidak tidur dengan hewan peliharaan saat sedang flu, infeksi telinga, atau infeksi saluran napas lainnya. Jilatan yang dilakukan oleh hewan peliharaan dapat menyebarkan kuman. Hindari juga tidur bersama hewan saat kondisi imun tubuh Anda sedang lemah.

Jika Anda tidak memiliki alergi, tidur bersama hewan peliharaan diperbolehkan. Namun jika Anda memiliki alergi dan tetap ingin tidur bersama dengan binatang peliharaan, cobalah mengonsumsi antihistamine pada malam hari untuk mencegah Anda bersin-bersin saat bangun keesokan harinya.

Namun jika reaksi alergi Anda sangat parah hingga menimbulkan sesak atau serangan asma, Anda mungkin harus mengalah terhadap rasa cinta Anda terhadap binatang. Keluarkan binatang peliharaan Anda dari dalam kamar, dan bersihkan setiap sudut kamar dari bulu-bulu yang menempel. ** Baca juga: Ada Manfaat Beda dari Tiap Warna Anggur

Beberapa kondisi medis juga membuat orang dewasa tidak boleh tidur bersama dengan hewan peliharaan. Namun dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan, Anda boleh berbagi tempat tidur dengan binatang kesayangan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru