oleh

Alternatif Baru, Plastik yang Terbuat dari Limbah Ikan Organik

Kabar6-Seorang mahasiswi bernama Lucy Hughes (23) yang berasal dari Universitas Sussex, telah mengembangkan MarinaTex, yaitu bioplastik yang terbuat dari limbah ikan organik dan ganggang merah.

Plastik ini, melansir theargus, memiliki penampakan tembus cahaya dan fleksibel, membuatnya sempurna menjadi pengganti plastik sekali pakai. Meskipun terasa seperti plastik, MarinaTex sebenarnya jauh lebih kuat, aman dan berkelanjutan.

“Plastik adalah bahan yang luar biasa dan kami menjadi sangat bergantung pada plastik. Tidak masuk akal jika saya terus menggunakannya, padahal benda itu hidup tahan lama dan untuk mengantongi produk yang memiliki siklus hidup tak lama,” jelas Hughes.

Dikatakan, MarinaTex merupakan komitmennya terhadap inovasi dan merupakan seleksi terhadap bahan-bahan yang berkelanjutan, lokal dan desain. Namun Hughes tidak ingin membatasi diri hanya pada bentuk dan fungsi, tapi juga jejaknya.

Plastik yang dibuat akan terurai dalam waktu empat hingga enam minggu. Hal yang mengejutkan, menguraikan plastik ini hanya butuh sedikit energi dan suhu rendah untuk membuatnya. Satu ikan cod bisa menghasilkan plastik sebanyak 1.400.

Hughes telah mendapat penghargaan James Dyson dari Inggris dan akan menerima hadiah 2.000 britania atau Rp35 juta. Wanita ini akan berkompetisi di babak internasional untuk memenangkan hadiah sebesar 30.000 britania atau sekira Rp527 juta. ** Baca juga: Heboh! Seekor Macan Tutul Berjalan di Atap Gedung Sebuah Bangunan di Prancis

Salah satu solusi cerdas untuk mengurangi sampah plastik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru