Alasan Mengapa Ada Petasan & Hiasan Bernuansa Merah pada Perayaan Imlek

Ilustrasi/bbs

Kabar6- Perayaan tahun baru Imlek merupakan salah satu hari besar yang dirayakan oleh kaum Tionghoa. Biasanya Imlek selalu dihubungkan dengan angpao, barongsai, petasan, dan hiasan bernuansa merah.

Mengapa beberapa hal tersebut selalu ada dalam perayaan Imlek? Dilansir Chinahighlights, pada zaman dahulu kala di negeri Tiongkok terdapat monster bernama Nian, berbentuk seperti naga dan memiliki kepala panjang penuh duri tajam. Nian hidup di dalam laut dan hanya muncul setahun sekali pada malam tahun baru untuk memakan warga dan persediaan makanan yang disimpan oleh warga desa.

Lantaran keberadaan Nian inilah orang-orang desa selalu bersembunyi di pegunungan agar tidak dimangsa. Warga hidup dalam ketakutan dan selalu mengungsi di malam tahun baru. Hingga suatu hari datang seorang tua yang sudah berambut putih ke desa tersebut.

Orang tua ini menolak ikut bersembunyi saat warga desa pergi ke pegunungan. Hebatnya, ia berhasil mengusir Nian dengan menakut-nakuti makhluk itu menggunakan mercon merah di depan pintu, membakar bambu yang berbunyi seperti ledakan mercon, menyalakan lilin di dalam rumah, dan memakai baju merah.

Saat orang-orang desa kembali, mereka terkejut karena desa masih dalam kondisi utuh dan orangtua itu selamat. ** Baca juga: So Sweet, Reporter TV Dilamar Saat Tengah Siaran Langsung

Nah, sejak saat itulah tradisi bermain mercon dan memakai baju merah terus dilakukan setiap tahun baru Imlek. Tradisi ini masih bertahan hingga sekarang dan dianggap sebagai salah satu elemen terpenting dalam perayaan Imlek.(ilj/bbs)