oleh

Alasan Makan Kentang Rebus Lebih Disarankan Ketimbang Kentang Goreng

Kabar6-Seringkali kita lebih memilih mengonsumsi kentang goreng, karena selain lezat juga lebih praktis. Padahal, jenis camilan ini bisa membahayakan kesehatan, lho.

Seorang professor di Departemen Epidemologi dan Nutrisi di Harvard T. H. Chan School of Public Health Eric Rimm, melansir Okezone, menyebut kentang sebagai ‘bom pati’. Dijelaskan, jenis umbi-umbian ini menempati posisi bawah dari jenis sayuran sehat dan tidak memiliki unsur nutrisi yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau. Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition mencatat, kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Dan sebuah fakta mengejutkan memaparkan, jika Anda makan kentang goreng sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dapat meningkatkan risiko kematian, dibanding dengan orang yang makan kentang dengan cara direbus.

Salah satu peneliti studi itu, Dr. Nicola Veronese, mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya terkejut dengan konsumsi kentang goreng oleh orang Amerika dibanding penduduk negara lain. Di Amerika, kentang adalah makanan yang paling banyak dikonsumsi dengan total rata-rata 115,6 pon kentang putih per tahun. Sebanyak dua pertiga olahan kentang dijadikan keripik, produk beku, dan digoreng. ** Baca juga: 3 Zat Berbahaya Dalam Rokok Elektrik

Agar seimbang, lebih baik ambil porsi kecil kentang goreng atau bisa ditambah salad dan sayuran hijau. Kalau bisa, gantikan dengan kentang putih atau ubi bakar. Awasi juga penggunaan topping seperti mayonnaise, saus, dan keju karena dapat meningkatkan 1000 kalori per sajiannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru